Kepala Desa Paluh Sibaji Tutup Kemah Zapin 4 Sanggar Hangtuah

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Megah Bangsa dengan  budaya Kemah Zapin 4 Sanggar Hangtuah, Senin (25/12/2023) resmi ditutup Kepala Desa Paluh Sibaji Nasri.

Kemah Zapin 4 Sanggar Hangtuah yang di laksanakan di wisata Bahari Pantai Serambi Deli ini di ikuti 12 Sanggar dari Langkat, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu serta Deli Serdang (Pantai Labu) berlangsung dua hari mulai tanggal 24 hingga 25 Desember 2023.

Pada kegiatan yang berlangsung dua hari itu beberapa kegiatan seperti pagelaran tari, seni budaya dilaksanakan dan dirangkai dengan menjaga lingkungan dengan penanaman Mangrove diikuti semua sanggar yang hadir.


Kepala Desa Paluh Sibaji Nasri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh sanggar yang hadir pada acara Kemah Zapin 4 Sanggar Hangtuah.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sanggar Hangtuah yang telah mengadakan Kemah Zapin ini," ujarnya.

Kemah Zapin megah bangsa karena budaya ini sangat baik sekali yang mana kita turut serta melestarikan budaya khususnya budaya Melayu.

"Di sini kita juga mengajarkan kepada generasi muda tentang budaya sebagai pemersatu bangsa," sebut Nasri.

"Kami selaku pemerintahan desa Paluh sibaji kecamatan Pantai labu mendukung penuh kegiatan ini dan akan kita lanjutkan kegiatan Kemah Zapin ke 5 mendatang dengan lebih semarak dan lebih besar," tandas Nasri. 

Pimpinan Sanggar Hang tuah Sahrizal mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Paluh sibaji yang telah mendukung Kegiatan Kemah Zapin 4 ini.

"Tak lupa juga terima kasih kepada para Sanggar yang ikut sebagai peserta dan semua pihak yang membantu hingga terlaksananya kegiatan ini," sebutnya.

"Kemah Zapin ini sudah dilaksanakan ke 4 kalinya, tujuan kita laksanakan untuk mengali potensi budaya para generasi muda dibidang seni tari dan lainnya, selain itu ini juga untuk  melestarikan budaya kita agar tidak terkikis oleh budaya dari luar," imbuhnya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Nara sumber yang telah memberikan saran masukan kepada para peserta Sanggar sehingga ilmu yang di dapat bisa di manfaatkan kedepannya," tukas Sahrizal.

Di akhir kegiatan di tandai dengan memberikan sertifikat dan cinderamata yang di serahkan kepala desa Paluh Sibaji Nasri kepada Nara sumber tentang sejarah perkembangan Zapin Dr.Hj Dilinar Adlin M.Pd Dosen seni tari Unimed, Syahrial pelani seniman musik tradisional Melayu Sumatera Utara (Deli Serdang) tentang Musik Zapin, Cikgu Murah mansyah Guru besar seni Tradisi Singapura, pengelola Bumdes Maju bersama Wan Mahadi, Pimpinan Sanggar Hang tuah Sahrizal serta kepada pimpinan Sanggar yang hadir.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini