Pembina KSBN Sumut Hadiri Panggung Seni Budaya 'Gas Jeck ' di Pasar Kamu Pantai Labu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang. metrokampung.com
Pembina KSBN(Komite Seni Budaya Nusantara) Sumatera Utara , Musa Rajekshah hadiri Panggung Seni Budaya 'Gas Jeck ' yang dilaksanakan di Wisata Kuliner Pasar Kamu Desa Denai lama Kecamatan Pantai Labu, Minggu (21/1/2024).


Panggung Seni Budaya yang bertajuk Membangun Budaya Rasa Nusantara ini juga di hadiri Ketua KSBN Sumut Ir.Soekirman, Prof Hamdani Harahap, pengelola Pasar Kamu H.Dedi Sopyan, para seniman dan budayawan antara lain Fikar Wenda, Zulhendri Chaniago, Choking Susilo Sakeh, Agus Widodo dan undangan lainnya.


Kegiatan Panggung Seni Budaya yang di saksikan seribuan Pengunjung Pasar Kamu ini di isi dengan menampilkan beberapa tarian daerah, pencak silat dan pembacaan puisi oleh seniman yang hadir.

"Ketua KSBN Sumut Ir Soekirman menuturkan Komite Seni Budaya Nusantara ini terdiri bermacam aliran baik berpolitik mau pun macam-macam ada disini," ujarnya.


"Tetapi kita di sini mempraktekan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Jadi orang melihat di mana mana saat ini seperti berantem , tetapi kalau di KSBN ini kita tunjukan kalau kita bersatu," sebutnya.

Kemudian budaya itu macam tanah, kalau budayanya sehat tanahnya pun subur maka tumbuh lah politik yang sehat, ekonomi yang sehat, pada intinya jangan lupakan budaya.

"Pada kesempatan ini kami segenap pengurus KSBN  dan undangan yang hadir mengucapkan selamat kepada Musa Rajekshah yang pada Minggu lalu mendapat gelar S 3 ,Yakni Doktor , semoga ilmu yang di dapat bisa bermanfaat bagi kita semua," papar Soekirman.

"Pembina KSBN Sumut Musa Rajekshah dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih kepada Pengurus KSBN yang telah hadir sekaligus mengucapkan kepada saya meraih gelar Doktor," katanya.

Saya gabung di KSBN ini sebagai Pembina, tahun ini ada program dari KSBN berupa Panggung Seni budaya dan kita sandingkan lah di Pasar kamu ini.


Acara hari ini tidak acara khusus hanya menampilkan kawan kawan seniman dan budayawan .kita berharap seni budaya ini wajib  di kenalkan kepada anak-anak kita , jangan di era digital ini mereka hanya melihat dunia Maya dan kemajuan -kemajuan negara luar , sementara ada kekhasan negara kita dengan budaya yang begitu banyak terlupakan seperti alat musik dan jenis tarian dan seni budaya lainnya.

Oleh karena itu panggung ini salah satu untuk melestarikan budaya kita.

Alasan kita adakan di Pasar kamu ini sudah sejalan di karenakan di Pasar kamu ini menu nya tradisional cocok  dengan budaya kita dan perlu kita dukung serta lestarikan , sebutnya.


"Jadi kalau panggung seni budaya ini kita buat formil -formil nanti tidak masuk, oleh karena itu kita adakan di Pasar Kamu dengan nuansa pedesaan agar bisa selaras," papar Musa Rajekshah.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini