Agro Wisata Paloh Naga Desa Denai Lama Terbakar

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Agro Wisata Paloh Naga milik BUmdes Sastro 316 Desa Denai Lama yang terletak di Dusun 4 Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Rabu (28/2/2024) sekira Pukul 13.05 Wib musnah terbakar.

Informasi yang dihimpun kebakaran itu dugaan sementara dari korsleting listrik yang terpasang di objek wisata Agro Wisata Paloh Naga.

Akibat kebakaran agro wisata yang pernah dikunjungi Menteri Sandiaga Uno dan Mantan Gubernur Sumut Edi Rahmayadi ini beberapa tempat lesehan, pondok, panggung dan musholla musnah terbakar menjadi abu.


Pengurus Bumdes Sastro 316 Desa Denai Lama Harum saat dikonfirmasi mengatakan Agro Wisata Paloh Naga sekira pukul 13.05 Wib terbakar, beberapa bangunan terdiri tempat jualan, lesehan, panggung, ruang masak serta mushola yang terbuat dari kayu musnah terbakar," katanya.

Dugaan sementara terbakar bangunan Agro Wisata Paloh Naga akibat korsleting listrik.

Awalnya pertama kali yang mengetahui terbakar, seorang anak tanggung  penjaga kolam renang lalu dia berlalu ke luar mengabarkan kepada kami .

"Langsung saja kami ke lokasi namun karena bangunan letak nya di persawahan dan kuat nya angin hingga bangunan agro wisata tidak bisa kami selamatkan, hanya menyisakan sebuah kamar mandi dan MCK yang bisa di selamat kan karena bangunan terbuat dari batu dan semen," kata Harum.

Akibat kebakaran ini semua peralatan pendukung paket wisata musnah ikut terbakar seperti topi caping 100 buah, kursi plastik 25 buah, keranjang tenteng 50 buah,  peralatan masak, kompor 2 tungku 1 buah, tabung gas 2 buah ,pompa air(dab) 1 unit,  piring lidi 100 buah, gelas 12 lusin, piring batu(4 lusin)piring kaca 4 lusin , steling dua  unit dan perkakas dapur lainnya,  serta water tank dua buah juga pipa air sanitasi.

Dan satu mushola musnah terbakar beserta sajadah dan  karpet, lampu sorot 3, lampu tenaga surya 2 unit dan terakhir kilometer listrik 2400 Kwh, terangnya.

Kepala Desa Denai Lama, Parnu yang berada di lokasi saat di konfirmasi membenarkan Agro Wisata Paloh Naga milik BUmdes Sastro 316 Desa Paloh naga terbakar sekitar pukul 13.05 Wib, katanya.

Dugaan sementara kebakaran ini di sebabkan arus pendek korsleting listrik.
Bangunan Agro wisata ini selain Milik Bumdes juga ada bantuan dari Bank Sumut dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, paparnya.

"Ditaksir kerugian sekitar Rp.400 juta. Sebelumnya Agro wisata Paloh Naga ini dijadwalkan akan dikunjungi Kedubes dari Negara Malaysia dalam waktu dekat,  namun karena terjadi musibah kebakaran ya mungkin tidak jadi," katanya.

"Musibah kebakaran ini sudah kami beritahukan ke Pemerintahan kecamatan, Dinas Pariwisata Deli Serdang, Bank Sumut, Pemprovsu, Angkasa pura Aviasi dan instansi terkait lainnya," jelas Parnu SE.(Lubis /MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini