Puskesmas Pantai Labu Gelar Sosialisasi Implementasi ILP

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Puskesmas Pantai labu Kabupaten Deli Serdang mengelar Sosialisasi Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP)yang di laksanakan di Puskesmas tersebut, Jumat (23/2/2024).

Sosialisasi ILP ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang dr Asri Luddin Tambunan M.Ked, SpPD, KGEH,FINASIM, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sumut Hamid Rijal Lubis, Konsultan Momentum dr David Luther Lubis, dr Hapsari, Sekretaris Camat Pantai Labu Azizur Rahman SSTP, Kepala Puskesmas Pantai Labu dr Benny L.Bukit M.Kes, para kepala Puskesmas locus ILP, KA KUA Pantai Labu Syukur Ritonga, kepala desa Rantau Panjang Muhammad Tahir, kepala Desa Denai Lama Parnu SE, Kader Posyandu serta undangan lainnya.


Kepala Puskesmas Pantai Labu dr Benny L Bukit dalam sambutan paparannya  mengucapkan selamat datang kepada para undangan di Puskesmas Pantai Labu dalam rangka mengikuti sosialisasi Implementasi ILP. 

Integrasi Layanan Primer ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat melalui integrasi pelayanan kesehatan primer. Dengan mengintegrasikan semua program yang ada. 

"Layanan primer adalah layanan dasar yang dilakukan oleh puskesmas. Integrasi dilakukan ke semua program termasuk Fasilitas Kesehatan dan lainnya," kata dr Benny.
Sosialisasi ini adalah bagian dari transformasi pelayanan kesehatan primer yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan transformasi ini melalui integrasi layanan primer berfokus pada tiga hal yang pertama adalah penerapan siklus hidup, yang kedua Fokus dari integrasi layanan, dan yang ketiga memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan perdesa nantinya , Paparnya.
Kabid Kesmas Dinkes Sumut Hamid Rijal Lubis dalam sambutan nya mengapresiasi kinerja Kepala Puskesmas Pantai labu dan tim yang dalam waktu singkat bisa melakukan program Integrasi Layanan Primer di puskesmas Pantai labu.

Suatu hal yang membanggakan karena dalam waktu sangat singkat dr Benny dan tim sudah mampu meletakkan paling tidak titik awal menjalan kan Program ILP, katanya.

Kami dari Dinas kesehatan Sumatera Utara coba menjalankan ILP ini di beberapa kabupaten kota di luar Deli Serdang , sampai sejauh ini progres nya tidak sebaik yang di sampaikan dr Benny dan tim.

Saya rasa suatu hal yang pantas kalau kita berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada dr Benny dan tim dengan waktu yang singkat paling tidak awal-awal ILP sudah di rumuskan dengan baik, paparnya.

Sementara itu Konsultan Momentum dr David Luther Lubis juga mengapresiasi kinerja dr Benny dan kawan -kawan yang telah merumuskan program ILP begitu singkat.

Saya juga melihat dr Benny beserta kepala desa telah merekrut para kader Posyandu yang mumpuni yang telah di latih dengan 25 ketrampilan. 

Di harapkan para kader -kader ini menjadi ujung tombak ILP karena mereka bekerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat , tukas dr David Luther Lubis.

Sosialisasi Implementasi ILP ini di rangkai dengan pemberian tanda pengenal dan bingkisan kepada dua orang kader serta peninjauan ruangan klaster Puskesmas Pantai labu, Pustu dan Posyandu Mawar di Desa Rantau Panjang .(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini