Warga Desak Jalan Layang Simpang Kayu Besar Segera Dibangun

Editor: metrokampung.com
Kemacetan di Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa selama ini.

Tanjung Morawa, metrokampung.com
Sejumlah warga di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang berharap pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR segera merealisasikan rencana pembangunan jembatan layang (underpass) Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa.

Sehingga kemacetan parah yang terjadi setiap harinya di tempat itu tidak lagi terjadi. Apalagi warga yang terdampak dari pembangunan underpass  tidak keberatan dan bersedia lahannya diganti rugi.

"Sudah beberapa tahun tertunda rencana pembangunan jembatan layang Simpang Kayu Besar. Padahal pemilik lahan yang terdampak proyek pembangunan underpass sudah setuju semua. Sudah sangat dibutuhkan kali pembangunan itu guna mengatasi kemacetan kendaraan yang setiap hari terjadi,"jelas Rudi Hartono, warga Desa Buntu Bedimbar Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa, Kamis (15/2/24).

Disebutkan warga pembangunan jembatan layang seperti di Simpang Medan Amplas itu dapat mengatasi kemacetan dan kepadatan kendaraan dari arah Medan Lubuk Pakam maupun dari arah Bandara Kualanamu dan Jalan Limau Manis.

"Sangat dibutuhkan jembatan layang itu. Karena tiap hari macet di putaran kendaraan di depan mesjid PTPN2 tersebut  terlalu sempit. Kalau truk besar mau mutar sudah jelas macet. Apalagi kalau kendaraan lagi ramai yang mau mutar ke arah Medan,"bilang Sarmin warga sekitar.

Kementerian PUPR sudah merencanakan membangun jembatan layang (fly over) di Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa.
Mereka  juga sudah  mengundang dan mensosialisasikan rencana pembangunan jembatan tersebut kepada masyarakat yang terkena dampak akan pembangunannya di Convention Hall Kito Tanjung Morawa Rabu, (6/1/21) silam.

Saat itu Kementerian PUPR mensosialisasikan kepada warga masyarakat difasilitasi Pemkab Deli Serdang secara virtual. 

Terdapat 61 warga lahannya terkena dampak akan pembangunan jembatan tersebut. Mereka berada di empat Desa mulai dari Desa Tanjung Morawa A, Buntu Bedimbar, Limau Manis dan Bangun Sari Baru. Pemkab hanya berperan membantu memfasilitasi masyarakatnya.

Adapun rencana pembangunannya,  
dari arah Medan titik nol mulai dari dekat Polsek Tanjung Morawa dan mulai menanjak di depan Lapangan Garuda. 

Bagi yang datang dari arah Lubuk Pakam pelebarannya mulai dari depan toko roti Mawar dan mulai menanjak di depan pintu gerbang kantor Direksi PTPN2. Jembatan Sungai Belumai rencananya juga hendak diperlebar.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini