Lubuk Pakam Raih Piala Adipura untuk ke-17 Kalinya

Editor: metrokampung.com
Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar (kiri) bersama Camat Lubuk Pakam Syahdin Setia Budi Pane (kanan). 

Jakarta, metrokampung.com
Kota Lubuk Pakam sebagai Ibu Kota Kabupaten Deli Serdang, berhasil mempertahankan tradisi sebagai Kota Adipura Tahun 2023 untuk yang ke-17 kalinya. Penghargaan Kota Adipura terhadap Kota Lubuk Pakam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini, dalam kategori Kota Kecil.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri LHK, Alue Dohong kepada Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar disaksikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’aruf Amin di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (5/3/24).

Wapres RI, KH Ma’aruf Amin yang hadir pada menyerahkan Penghargaan Adipura Kencana, menyoroti masalah pengelolaan sampah yang saat ini menjadi salah satu perhatian utama pemerintah.

“Di tahun 2025, kita menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen. Selain itu, pemerintah juga menargetkan nol sampah nol emisi di tahun 2050,” ujarnya.

Untuk mewujudkan target-target tersebut, Wapres mendorong pemerintah daerah agar menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir. “Sistem terintegrasi ini tidak hanya membutuhkan terobosan-terobosan yang implementatif, tetapi juga menuntut kinerja optimal pemerintah daerah, serta partisipasi aktif masyarakat,” katanya.

Wapres juga menyampaikan bahwa persoalan pengelolaan sampah menjadi isu yang semakin kompleks dan terus berkembang. Bahkan, menurutnya pengelolaan sampah di Indonesia tidak bisa lagi dilaksanakan secara konvensional, sehingga memerlukan dukungan teknologi modern.

“Saya minta pemerintah daerah agar dapat melaksanakan kegiatan penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular dan berbasis teknologi ramah lingkungan,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melaporkan bahwa penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Ginandjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat yang prominent dan ahli di bidangnya dengan dibantu tim teknis KLHK.

“Penghargaan Adipura sebagai bentuk insentif kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, maka diberikan penghargaan
Adipura kepada dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura,” pungkasnya. (ren/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini