Minat Pembeli Turun, Pedagang Daging Lembu di Lubuk Pakam Mengeluh

Editor: metrokampung.com
Pedagang daging lembu sepi pembeli.

Lb Pakam, metrokampung.com
Sejumlah pedagang daging lembu di pajak Delimas Lubuk Pakam mengeluhkan rendahnya daya beli masyarakat terutama untuk belanja daging, Selasa (12/3/24).

Salah seorang pedagang daging lembu di tempat itu, Toto mengatakan, tahun ini kondisinya berbeda. Dagangannya sepi sehari sebelum Ramadhan berbeda dengan tahun sebelumnya.
Biasanya, menjelang puasa, dagangan daging lembunya sudah habis sebelum tengah hari. Namun tahun ini pada periode yang sama dagangannya baru laku sedikit pada saat sudah jam 5 sore.

"Jika dibanding tahun sebelumnya, minat masyarakat beli daging lembu tahun ini saat bulan puasa menurun. Gak pernah terjadi sebelumnya seperti ini. Lihatlah ini jualan daging lembu saya, jam segini masih banyak. Begitu juga dengan pedagang daging lembu lainnya lainnya," kata Toto.

Harga daging lembu di Lubuk Pakam berpariasi antara Rp 120 hingga Rp 135.000 per kilogramnya.

Pedagang daging lembu lainnya, Andi juga mengeluhkan hal serupa. Menurutnya, Ramadhan tahun ini pembeli daging lembu menurun. 

"Daging sepertinya kurang diminati puasa tahun ini. Daya beli masyarakat rendah," kata Andi.

Salah seorang warga Lubuk Pakam, Elly mengaku lebih memilih bahan makanan yang lebih murah seperti ikan dan telur. Kondisi ini akibat mahalnya kebutuhan hidup lainnya.

"Ramadhan di hari pertama seharusnya disambut dengan menu spesial. Namun kebutuhan hidup sekarang serba naik," ujar Elly. 

Jadi, lanjutnya, bukan tidak mau konsumsi daging, tapi lebih memilih untuk beli bahan makanan yang murah agar cukup dengan kemampuan. 

"Kita harus atur keuangan. Karena sekarang ini semua kebutuhan pokok serba naik," kata Elly.

Sementara warga lainnya, Neng mengaku, tahun ini mengurangi membeli daging lembu. Biasanya ia membeli 2 kg daging lembu di awal Ramadhan, namun karena mendesaknya kebutuhan lain ia hanya membeli setengah kilogram saja.

"Saya harus menekan belanja untuk kebutuhan lain yang juga penting. Sekarang apa-apa naik," ungkap Neng, warga Kecamatan Pagar Marbau Kabupaten Deli Serdang.

Pantauan wartawan, kerumunan warga di Pajak Delimas Lubuk Pakam tidak seramai puasa tahun lalu.

Tahun ini pasar relatif sepi atau seperti hari biasa. Tidak ditemukan kerumunan dan berdesakannya masyarakat seperti puasa tahun sebelumnya.(ren/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini