Pemkab Langkat Jalankan Program Konstruksi UPSUS di Desa Securai Selatan

Editor: metrokampung.com
Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP,MAP

Langkat, Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Langkat menjalankan program Kontruksi UPSUS yang dirancang oleh Kementrian Pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan di  Dusun Sendayan, Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Sabtu (23/3/2024). 
       
Pj.Bupati Langkat,  H.M. Hasrimy, AP.MAP menghadiri dan mendukung penuh kegiatan tersebut.
       
"Kami berkomitmen untuk mendukung penuh kegiatan dari Pemerintah Pusat yang dijalankan di Kabupaten Langkat ini," ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Langkat, Hendrik Tarigan, S.Pt, M.M.A menjelaskan bahwa kegiatan optimasi lahan dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sawah di lahan rawa.
Gembira : Pj. Bupati Langkat tampak gembira saat mengikuti acara pencanangan program UPSUS di Desa Securai Selatan. 

"Optimalisasi tersebut melalui perbaikan infrastruktur guna meningkatkan indeks pertanian IP dan atau produktivitas padi sawah di lahan rawa dari 1,5 kali panen pertahun menjadi 2,5 sampai 3 kali panen pertahunnya, dimana alokasi oplah Sumatera Utara pada tahun 2024 semester 1 sebanyak 30.422 Ha, sedangkan Langkat alokasi 2024 semester 1 seluas 8.200 dan pada kesempatan ini baru 200 Ha yang kita laksanakan," ujarnya.
       
Nah, potensi lahan sawah Kabupaten Langkat dengan luas sawah 20.009 Ha, terdapat lahan tadah hujan (rawa) 12.488 Ha (62, 41%), sedangkan lahan irigasi non rawa seluas  7,521 Ha (37, 59 %).
       
Selain itu, Langkat juga menjadi Kick off optimasi lahan yang dilaksanakan pada 2 kelompok tani seluas 200 Ha, dimana 2 kelompok tani itu  diantaranya adalah kelompok tani Jaya (Kelurahan Pekan Gebang) dengan luas hamparan 50 Ha dan kelompok tani Baru (Desa Pasar Rawa) dengan luas hamparan 150 Ha, dengan item pekerjaan pembuatan pintu air 2 unit dan normalisasi saluran sepanjang 6.577 M. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini