Pj Bupati Langkat : Semua OPD Harus Inovatif dan Punya Terobosan Baru

Editor: metrokampung.com
Ketua PWI Langkat, M. Darwis Sinulingga

Langkat, Metrokampung.com
Masih dari audensi para pengurus PWI Langkat dengan Pj. Bupati Langkat, H. Faisal Hasrimy, AP,MAP, di ruang kerjanya, Rabu (13/3/2024), dimana dalam pertemuan tersebut Hasrimy didampingi Sekda H.Amril Nasution, S.Sos, M.AP, Staff Ahli bidang SDM, Sosial dan Kemasyarakatan, H. Sujarno, S.Sos, Plt Kadis Kominfo H. Sutrisuanto, S.Sos M.AP, dan Kabag Prokopim Winanda Akbar S.STP. Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut, antara lain mengenai program kerja pengurus PWI Langkat yang ingin membangun kompleks perumahan wartawan di Langkat. 
       
Nah, ternyata Hasrimy mendukung penuh program tersebut dan berharap agar program tersebut serius dijalankan. Hasrimy siap untuk membantu, termasuk jika harus mengeluarkan surat rekomendasi ke Gubernur. Karena itu, dia pun langsung meminta Sekda untuk menindak lanjuti gagasan dan program tersebut.
Sekdakab Langkat, H. Amril, S.Sos,MAP

       
"Yang jelas, ada lahannya, yaitu lahan eks HGU PTPN 2. Kami siap untuk membantu dan menindak lanjutinya, asal tidak melanggar aturan yang berlaku," ujarnya.

Selain itu, Ketua PWI Langkat juga menyinggung tentang banyaknya wartawan yang belum mengikuti dan lulus UKW (Uji Kompetensi Wartawan). Lalu, jika berkenan Darwis pun berharap agar Pemkab Langkat bisa menggelar UKW.

Siap Gelar UKW
Nah, harapan itu pun ternyata direspon positif. Buktinya, Hasrimy langsung meminta Sekda dan Plt. Kadis Kominfo untuk menghitung berapa kira- kira dana yang diperlukan untuk itu.
       
"Kalau bisa ya kita laksanakan, biar ada kenang- kenangan saya buat rekan- rekan wartawan yang ada di Langkat ini," ujarnya seraya menjelaskan bahwa selama ini hubungannya dengan wartawan sudah cukup baik dan harmonis.
       
Ya, baik saat dia masih bertugas di Sergei, maupun saat dia bertugas di Pemprovsu. Itu karena dia tidak memandang wartawan sebagai musuh, tapi memandang wartawan sebagai sahabat dan mitra.

Semua OPD Harus Inovatif
Terkait dengan hal tersebut, Ketua PWI Langkat, M. Darwis Sinulingga menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Organisasi PWI dan kebijakan Dewan Pers, semua wartawan harus lulus UKW. Nah, terkait dengan hal tersebut, 28 dari 31 orang anggota PWI sudah UKW, namun mayoritas wartawan unit Pemkab Langkat belum UKW.
Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP

" Kalau mengacu pada aturan hanya wartawan yang sudah UKW yang diterima masuk jadi wartawan unit Pemkab Langkat. Nah, kalau dipaksakan sekarang ya berabelah. Karena itu, diperlukan UKW, dimana Pemkab Langkat yang diharapkan bisa  membantu dalam hal  pendanaannya," ujar Darwis.
       
Sedangkan Plt. Kadis Kominfo Langkat menjelaskan, saat ini baru 34 orang wartawan yang sudah UKW, sedangkan 143 orang lainnya belum. Karena itu, Uji Kompetensi Wartawan memang diperlukan.

Terakhir, Pj. Bupati Langkat berharap agar semua OPD di jajaran Pemkab Langkat inovatif dan membuat terobosan- terobosan baru. Kalau bisa dengan tidak menggunakan dana APBD, tapi ada terobosan baru yang dibuat. 
       
Terkait dengan hal tersebut, Hasrimy pun berharap bisa memasukkan para wartawan yang sudah UKW menjadi tenaga ahli kehumasan di masing- masing OPD. Jadi, paling tidak dalam 1 OPD ada 2 wartawan yang bertugas sebagai humasnya.
       
" Jadi, apa- apa yang dikerjakan dan inovasi apa yang dibuat bisa diekspose, sehingga diketahui publik. Jadi, jangan sampai OPD itu hanya dipandang kerja biasa dan cuma menghambur- hamburkan anggaran yang ada," ujarnya. (BD)

Share:
Komentar


Berita Terkini