SMP N 5 Satu Atap Kerajaan Laksanakan Gebyar Sekolah Sehat Bertajuk 'Sekolah Sehat Generasi Hebat'

Editor: metrokampung.com

Pakpak Bharat, metrokampung.com
SMP N 5 Satu Atap Kerajaan melaksanakan Gebyar Sekolah Sehat bertajuk "Sekolah Sehat Generasi Hebat". Kepala SMP N 5 Satu Atap Kerajaan, Marlinang Sihite, S.Si menjelaskan, Gebyar Sekolah Sehat ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Sekolah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI di seluruh Indonesia pada tanggal 28 Mei 2024.

Gerakan Sekolah Sehat merupakan upaya Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk meningkatkan kesehatan seluruh warga Sekolah yang dilakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan, tentunya dengan dimulai dari diri sendiri. Sebuah komitmen bersama antara kami di SMP N 5 Satu Atap Kerajaan, Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Puskesmas Sukarame, Pemerintah Kecamatan Kerajaan, serta Desa Pardomuan untuk bersama-sama  mendukung Sekolah Sehat Generasi  Pakpak Bharat Hebat yang berkelanjutan, jelas dia.

Gerakan sekolah sehat di SMP dilakukan dengan implementasi Sehat Gizi, Sehat Fisik, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan dengan sarapan bersama dengan tema "Isi Piringku", serta dipantau langsung oleh tim dari Puskesmas Kerajaan. Marlinang Sihite menjelaskan, sarapan bersama "Isi Piringku" dilaksanakan dengan membawa bekal berisi makanan yg bergizi seimbang (nasi,lauk dan sayur), serat minuman di dalam tumbler sendiri, minum tablet penambah darah yang dibagikan langsung oleh Kepala Puskesmas Sukarame, Nurmaya Sihite, S.Km yang juga memberikan lauk tambahan berupa nugget yang diolah secara sehat oleh tim gizi Puskesmas Sukarame. Setelah itu semua warga sekolah minum juice bersama yang diolah sekolah dengan bahan alami.

Sementara kegiatan Sehat Fisik warga sekolah melaksanakan senam bersama Jingle Sekolah Sehat dan permainan rakyat dan olah raga tradisional 4L (Lari, Lompat, Loncat dan Lempar) yaitu bermain lempar kaleng dan marsitekka. Kepala Dinas Pendidikan sendiri memfasilitasi pelaksanaan Gerakan Sehat Jiwa dengan motivasi-motivasi karakter percaya diri, serta turut memberikan apresiasi bagi Intan Boangmanalu, pelajar SMP N 5 Satu Atap Kerajaan yang telah berhasil menjadi salah satu Bintang Sobat SMP se Indonesia.


Kita jauh dari Kota, banyak keterbatassn namun bukan berarti kamu harus diam dan berhenti, harus tetap semangat. Contohlah itu teman kamu, Intan Boangmanalu, dia sampai dikenal di seluruh Indonesia kini, hal seperti inilah yang harus kalian teladani, ucap Plt Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si saat memberikan wejangan bagi siswa-siswi SMP N 5 Satu Atap Kerajaan.


Diketahui Intan Boangmanalu baru saja dinobatkan sebagai Bintang Sobat SMP tahun 2024. Terpilih melalui seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Intan Boangmanalu akan menjadi Role Model program-program Kemendikbudristek RI di seluruh Indonesia.(vikram) 
Share:
Komentar


Berita Terkini