Dinas Pertanian Deli Serdang Sahuti Aspirasi Warga Desa Pematang Biara

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (29/6/2024)  tampaknya tengah menyahuti Aspirasi Warga Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu.

Aspirasi atau permintaan warga agar dilakukan normalisasi dan pembangunan pintu klep di desa nya mulai dijawab dinas pertanian dengan menurunkan tim Surveyor melakukan pengukuran sendimen sungai di desa tersebut.

Di ketahui Desa Pematang Biara berbatasan dengan Desa Pantai Labu ekan dan Desa Rugemuk yang notabene dua desa tersebut berbatasan dengan laut, otomatis bila air pasang laut naik juga memasuki wilayah Desa Pematang Biara.

"Kepala Desa Pematang biara Abdul Haris SE yang berada dilokasi saat dikonfirmasi mengatakan kami dari Pemerintahan Desa menyurati Dinas Pertanian Deli Serdang yang mana warga memohon dan meminta pembangunan pintu klep dan normalisasi Sungai di dekat areal persawahan warga," katanya.

"Pembangunan pintu klep memang diharap warga ini agar air laut bila pasang tidak memasuki areal persawahan mereka untuk menanam padi, kalau air laut pasang masuk ke lahan persawahan tentunya padi tidak bisa hidup," terang Abdul Haris. 

Sedangkan normalisasi tujuannya agar air di lahan persawahan warga bisa dibuang ke parit besar dan lahan-lahan persawahan warga airnya bisa diatur pembuangannya.

Serta lahan lahan yang selama ini tak bisa di gunakan mungkin bisa di usahakan petani atau warga untuk bercocok tanam nantinya.

"Jadi kami berharap sekali Dinas pertanian Deli Serdang merealisasikan pembangunan pintu klep sesuai harapan warga desa," tutup ketua Apdesi Pantai Labu ini.
Tim Surveyor Dinas Pertanian Deli Serdang Siswanto mengatakan kami diperintahkan Dinas Pertanian Deli Serdang untuk melakukan pengerjaan pengukuran Sendimen Sungai di Desa Pematang Biara.

"Ini agar kami ketahui berapa volumenya dan segera akan dilakukan Normalisasi di sungai ini serta meninjau tempat yang akan di buat pintu klep sebagai upaya agar air laut tidak masuk ke areal persawahan warga," ujarnya.

"Di kecamatan Pantai Labu ada 7 desa yang kami lakukan pengerjaan ini sesuai permohonan desa tersebut ke Dinas pertanian Deli Serdang," papar Siswanto.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini