Masyarakat Kecamatan Tanah Jawa 'Marharoan Bolon' Serentak di Setiap Nagori

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Masyarakat Kecamatan Tanah Jawa 'marharoan bolon' atau gotongroyong secara serentak di 19 Nagori (Desa) se-Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Kamis (20/6/2024)
Acara 'marharoan bolon' tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Ny Ratnawati Hasiholan Sinaga besama Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda) Simalungun, Forkopimcam Tanah Jawa dan 19 kepala desa beserta masyarakat se-Kecamatan Tanah Jawa.

Sesuai laporan Camat Tanah Jawa, Maryaman Samosir menyampaikan, masyarakat bersama forum koordinasi 'maharoan bolon' secara massal membangun dan memperbaiki sejumlah ruas jalan lingkungan dan jalan produksi pertanian di desa masing-masing dengan swadaya masyarakat.

"Aksi gotong royong ini telah berlangsung empat hari terakhir, selain membersihkan sampah dan menata lingkungan di setiap desa, juga memperbaiki kondisi jalan yang rusak dan membangun jalan rabat beton di beberapa desa," ujar Maryaman.

Kata Samosir, masyarakat Kecamatan Tanah Jawa antusias dan mendukung 'marharoan bolon' dilihat dari partisipasi masyarakat dan pengusaha memberikan material bangunan dan sumbangan dana agar beberapa titik ruas jalan dibangun di Kecamatan Tanah Jawa.

Disampaikan Samosir, selama 4 hari, masyarakat Nagori Marubun Jaya telah bergotongroyong membangun jalan rabat beton sepanjang 100 meter dan lebar 4.7 Meter dengan anggaran kurang lebih Rp 95 Juta dari swadaya masyarakat.

Lanjut, Samosir, setiap kepala desa dan warganya juga juga secara serentak turut 'marharoan bolon' memperbaiki jalan yang berlobang dan membangun tembok penahan jalan secara swadaya masyarakat.

Maryaman mengajak seluruh masyarakat dan kepala desa untuk rutin menggalakkan 'marharoan bolon' untuk memajukan dan membangun desa masing-masing sesuai visi dan misi Bupati Simalungun karena anggaran Pemkab Simalungun tidak cukup untuk membangun wilayah Simalungun yang begitu luas.

Maryaman juga berterimakasih kepada Bupati Simalungun karena telah mendukung kegiatan 'marharoan dengan menyediakan berbagai pelayanan umum dan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompok tani dan bantuan sembako kepada warga yang kurang mampu di Kecamatan Tanah Jawa.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Simalungun, melalui Sekretaris Daerah, Esron Sinaga mengatakan bangga dengan kegiatan 'marharoan bolon' membangun dan memperbaiki ruas jalan di beberapa titik di wilayah Kecamatan Tanah Jawa.

Esron menyampaikan, 'marharoan bolon' memabun desa masing-masing merupakan warisan nenek moyang dan perlu dilestarikan agar Kabupaten Simalungun semakin maju ke depan serta berterimakasih kepada Camat Tanah Jawa karena telah berhasil mengajak masyarakat bergotong royong memperbaiki jalan secara swadaya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) mengapresiasi kegiatan 'marharoan bolon' di Kecamatan Tanah Jawa karena telah membantu pemerintah untuk membangun Simalungun di Kecamatan Tanah Jawa. "Kita bangga dan senang karena masyarakat menanggapi kegiatan 'marharoan bolon' membangun Simalungun," ujarnya.

Acara dirangkai pelayanan kesehatan gratis, administrasi kependudukan, Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pemberian bantuan bibit tanaman dan hand traktor ke kelompok tani, penyerahan dua unit kursi roda kepada warga disabilitas dan batuan lainnya kepada warga di lingkungan SD Negeri 091522 Nagori Marubun Jaya.(ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini