Papan Proyek Paving Blok Dipaku di Pohon SDN 106447 Desa Durian

Editor: metrokampung.com

Papan proyek pekerjaan paving blok di SDN 106447 Desa Durian dipaku di pohon.

Pantai Labu, metrokampung.com
Papan proyek yang merupakan  wahana informasi publik dipasang asal oleh rekanan pekerjaan pemasangan paving blok pada Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Formal (UPT SPF) SD Negeri 106447 Desa Durian Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.

Papan proyek dipaku di salah satu pohon yang ada di sekolah tersebut. Tidak dibuat berdiri sendiri sebagaimana layaknya papan proyek.

Selain penempatan papan proyek yang asal pekerjaan pemasangan paving blok juga dikhawatirkan tidak bertahan lama.

Komite sekolah menyesalkan pekerjaan pemasangan paving blok terkesan asal jadi dan peletakan papan proyek yang asal.

Punbegitu, komite sekolah mengaku tidak mampu berbuat banyak di sekolah tersebut. Mereka dianggap seperti patung oleh pihak sekolah.

Sehingga pekerjaan pemasangan paving blok dilakukan tidak sebagaimana mestinya oleh pihak pelaksana pekerjaan.

"Komite hanya patung aja di sini (SDN 106447). Tidak mengetahui ada masuk bangunan (proyek) atau siswa yang dapat bantuan dari pemerintah. Mana yang betul anggaran proyek paving blok ini. Dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau Dana Alokasi Khusus (DAK). Jangan kucing-kucingan lah pihak sekolah,"ujar Hulman Manurung pengurus komite SD Negeri 106447 Desa Durian kesal, Kamis (6/6/24).

Disebutkan Hulman yang merupakan mantan kepala Desa Durian, tahun lalu Tahun Anggaran 2023 rehab ruang belajar dan pembangunan toilet, komite sekolah juga tidak mengetahui.

Hulman menduga ada permainan harga di panglong untuk pembelian paving blok, semen dan pasir.

"Kita menduga ada titipan  harga paving blok dari yang  sebenarnya. Begitu juga  semen dan pasir,"ungkap Hulman yang mengaku rumahnya berada persis di depan SD Negeri 106447.

Dikonfirmasi hal ini berulang kali, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Deli Serdang Syamsuar Sinaga tidak merespon dan terkesan bungkam. Pesan singkat tidak dibalas, telepon juga tidak diangkat. Begitu juga dengan Kasek SDN 106447 Sandrawani Siregar.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Deli Serdang, Yusnaldi hanya berucap terima kasih.

"Trims Bang,"tulis Yusnaldi, mantan Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Pakam tersebut via whatsApp. 

Diberitakan sebelumnya, pada papan proyek tertulis sumber dana pekerjaan paving blok berasal dari APBD Deli Serdang Tahun Anggaran (TA) 2024 dengan nilai Rp 169.876.800 dikerjakan CV Bakti Jaya 366 dan tanggal kontraknya 2 Mei 2024.(ren/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini