Dinkes Kabupaten Samosir Kaji Tiru di Puskesmas Pantai Labu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Pantai Labu, Kamis (25/7/2024). 

Kunjungan ini dalam rangka Kaji tiru Pelaksanaan ILP(Integrasi Layanan Primer) di Puskesmas Pantai Labu kabupaten Deli Serdang dari Dinkes Kabupaten Samosir. 

Rombongan Dinkes Kabupaten Samosir yang di pimpin Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Samosir Mawarisa SKM dan Kabid Yankes dr Buha Purba membawa 12 kepala puskesmas ini di sambut Kabid Yankes Dinkes Deli Serdang dr Erizal Kaban, Kepala Puskesmas Pantai Labu dr Benny L.Bukit M.Kes serta para bidan dan perawat.


Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang dr Asri Ludin Tambunan melalui Kabid Yankes dr Erizal Kaban menerangkan, di Deli Serdang ada 34 Puskesmas, 199 Pustu dan puskesdes lainnya.

"Sesuai permen kesehatan nomor 2015 tahun 2023 tentang juknis ILP di Kabupaten Deli Serdang telah menjalankan program ILP sebanyak 14 puskesmas salah satunya puskesmas Pantai labu yang mana 20 puskesmas lagi harus masih menyesuaikan.karena kita tidak bisa langsung ke 34 puskesmas ini melakukan pendampingan dengan luas wilayah yang sangat besar," tutupnya.

Kepala Puskesmas Pantai labu dr Benny L.Bukit M.Kes dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih kepada rombongan Dinkes Kabupaten Samosir yang telah memilih puskesmas kami sebagai tempat pembelajaran terkait ILP.

Mudah-mudahan kaji tiru ini dapat di laksanakan, katanya.

Kita di sini sama-sama belajar , tidak ada yang pintar dan pandai hanya saling berbagi ilmu.

Kami memang lebih dahulu menerapkan pelaksanaan ILP ,mungkin teman -teman dari Samosir belakangan  mungkin saja nantinya setelah kaji tiru dari sini lebih maju lagi , ucap Kapus.

Kabid Yankes Kabupaten Samosir dr Buha Purba dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih telah di sambut dengan baik , begitu juga kami nanti akan membalas nya saat Puskesmas ini berkunjung ke Samosir.

Kami dari Samosir yang datang kemari dari 9 kecamatan dengan 12 kepala puskesmas, kami sudah tak sabar lagi untuk mendengar paparan dari puskesmas ini untuk kami serap ilmunya.

Kabupaten ini sangat luar biasa, jadi bisalah teman-teman tiru, di mana kabupaten ini salah satu kota bermacam-macam suku, kepercayaan dan lain lain tapi bisa bersatu dalam melayani masyarakat khususnya kesehatan, tukas dr Buha Purba.

Senada dengan itu Kabid Kesmas Dinkes Samosir Mawarisa SKM mengucapkan syukur bisa datang kesini , kami bersuka cita di sambut dengan baik. 

Ada nya kehadiran kami kesini sudah lama kami inginkan baru hari ini tercapai, sebut nya.

Kami disini ingin berharap melihat seperti apa pelaksanaan Integrasi layanan Primer di Puskesmas ini sekalian terkait BLUD. 

Terkait BLUD ini yang menurut program dua hari baru clear di pahami , jadi dalam waktu singkat ini tidak dapat 100 , 50 persen pun jadi lah, terang Mawarisa.

Karena kabar yang kami dapat di sini bukan hanya ILP , BLUD nya pun sudah mendunia , jadi mungkin nanti banyak pertanyaan yang akan kami sampaikan , kami berharap bapak ibu tetap semangat untuk memberi pencerahan kepada kami.

Kami di kabupaten Samosir untuk ILP sudah 12 puskesmas berjalan walaupun masih tertatih untuk sistim klaster nya dan tahun ini kami sudah progres harapannya untuk penilaian dan penetapan BLUD.

Jadi kami juga masih progres pendampingan dari Dinkes Provinsi dengan semaksimal mungkin kami upayakan untuk persiapan sampai penilaian, terang nya.

Acara selanjutnya di laksanakan Paparan dari Kabid Yankes Kabupaten Deli Serdang serta Kepala Puskesmas Pantai Labu. 

Pada kesempatan ini Dinkes Kabupaten Samosir memberikan oleh oleh berupa Ulos Stola serta Kacang Samosir kepada Kabid Yankes Deli Serdang serta Kapus Pantai Labu.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini