Gerakan Nasional Bulan Cinta laut dan Bimtek III Ditutup, 8 Ton Sampah Terkumpul

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Gerakan Nasional Bulan cinta laut (Gernas BCL) dan Bimtek  III yang di adakan oleh Balai Pengelolaan Sumber daya Pesisir dan laut(BPSPL) Padang di Pantai Serambi Deli Desa Paluh sibaji kecamatan Pantai labu, Kamis(11/7/2024) Resmi di tutup setelah berlangsung dua bulan.

Pada kegiatan ini sebanyak 8 Ton sampah berhasil di kumpul dari pesisir laut dengan mengikut serta kan para nelayan Desa Paluh sibaji, Pantai labu pekan serta bank sampah unit.

Kegiatan ini juga di hadiri BPSPL Padang Josua Argentina Tampubolon, Stasiun PSDKP Belawan Sarman Rajagukguk, Dinas kelautan perikanan Provsu, PPS Belawan, Sekretaris Dinas Perikanan Deli Serdang Ir Rosmeri M.Si, DLH Deli Serdang Susanto SH, Kasi Pemerintahan kecamatan Pantai labu Ali Hasyim SH, Kanit Markas Polairud Deli Serdang Iptu Turisno, Kepala desa Paluh sibaji Nasri, kepala Desa Pantai labu Pekan Samsul Bahri, kepala Desa Perkebunan Ramunia Ngadino , kepala desa Rugemuk Muliadi AMF serta penyuluhan perikanan. 




Kordinator BPSPL Padang Wilker Medan Poda Bonar P.Manihuruk mengatakan kegiatan hari ini yang merupakan bimtek III dan Gerakan Nasional Bulan Cinta laut (Gernas BCL) yang di adakan BPSPL Padang resmi di tutup setelah berlangsung dua bulan, katanya. 

Pada kesempatan ini kita lakukan Pemungutan sampah yang ada di pesisir yang nanti tujuannya nya untuk mengumpulkan sampah dah memilahnya menjadi dua bagian yaitu sampah bernilai ekonomis dan sampah non ekonomis dan selanjutnya di jual ke Bank Sampah Induk sampah di lubuk Pakam.

Tujuan di ikut sertakan Nelayan pada kegiatan ini untuk mengajak menjaga daerah pesisir yang merupakan di kenal sebagai tempat sampah terakhir terbawa dari laut, sebutnya.

Harapannya setelah kegiatan ini masyarakat bisa melanjutkan kegiatan ini lewat bank sampah unit agar pantai Kuta bisa bersih bebas dari sampah.

Kegiatan selama dua bulan kita laksanakan terkumpul sampah sebanyak 8 Ton atau nilai ekonomis sekitar Rp.16 juta, terang Poda Bonar Manihuruk.

Kadis perikanan Deli Serdang Drs Iwan Januar Salewa Melalui Sekretaris Dinas Ir Rosmeri Sembiring M.Si mengapresiasi kegiatan Bintek III dan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut yang di adakan BPSPL Padang di Desa Paluh sibaji kecamatan Pantai Labu. 

Kami akan berusaha melanjutkan. Apa yang dilakukan BPSPL Padang ini untuk terus menjaga pantai. 

Perlu di ketahui panjang garis pantai di Deli Serdang sepanjang 65 Km melalui empat kecamatan yakni kecamatan Labuhan Deli, Hamparan perak, Percut Sei tuan serta Pantai Labu.

Serdang kan jumlah nelayan di Pantai labu ini ada 10.000 nelayan.Tentu tugas untuk membersihkan sampah ini tidak bisa di lakukan sendiri harus ada peran serta warga nelayan untuk bersama sama menjaga dan membersihkan pantai.

'Jadi Kami menghimbau kepada warga nelayan  untuk mencintai lingkungan laut dengan membersihkan sampah.

sampah -sampah yang kalian dapat di laut kumpulkan dan jual ke Bank sampah unit yang ada di desa. 


Selain laut bisa bersih kira juga bisa mendapat tambahan ekonomi dari sampah tersebut , ujar Rosmeri.

Senada dengan itu Camat Pantai Labu Muhammad Faisal Nasution S.STP M.AP melalui Ali Hasyim Harahap menyambut baik kegiatan gerakan nasional bulan cinta laut yang di adakan BPSPL Padang di Desa Paluh sibaji kecamatan Pantai Labu.

"Harapan kami dengan kegiatan ini masyarakat warga nelayan dapat sadar untuk terus menjaga pantai dengan membersihkan sampah yang ada di pesisir pantai demi kelangsungan anak cucu kita nantinya," pungkas Ali Hasyim.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini