Pengabdian Internasional FIB USU di Bangkok Thailand

Editor: metrokampung.com

Bangkok, metrokampung.com
Pengabdian Internasional Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) bekerjasama dengan The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis, Thammasat University Thailand  dan Pasar Kamu mengadakan pengabdian  internasional bertema The Strengthening of Muslim Small Scale Traders in Bangkok Thailand and Pasar Kamu Deli Serdang Sumatera Utara Indonesia kepada pedagang Muslim di Bangkok. 

Kegiatan pengabdian internasional adalah pelatihan,   berdiskusi dan saling tukar pengalaman menjual  dan memasarkan produk (kuliner) lokal antara pedagang Muslim di Bangkok  dan Pasar Kamu untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pengabdian internasional dilaksanakan di ruang pertemuan The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis  dihadiri tiga puluh pedagang perempuan  setempat yang  memproduksi kuliner lokal dan produk kuliner kemasan modern dengan suasana pelatihan, diskusi dan bertukar pikiran secara  terbuka dalam menyampaikan  pengalaman aktivitas ekonomi tempatan dan jejaring pemasarannya ke berbagai  gerai oleh-oleh  sampai menggunakan aplikasi daring, online application, memasarkan produknya. 




 Sedangkan Pengabdian Internasional  FIB USU memberi materi   pelatihan dan  pengalaman mengorganisir  pedagang kuliner  tradisional tempo dulu dan sistem pengelolaan Pasar Kamu yang diadakan setiap hari Minggu di Desa Denai Lama  Kecamatan Pantai labu Kabupaten Deli Serdang  Sumatera Utara yang disampaikan Dedi Sofyan, pendiri dan pengelola Pasar Kamu. 


 Pengalaman upaya melestarikan dan mempertahankan kuliner tradisional tempo dulu yang dimasak dan dikemas bukan  secara tradisional  yang mendatangkan pendapatan ekonomi masyarakat menjadi pengalaman menarik bagi pedagang Muslim Bangkok.

Pengabdian Internasional FIB USU   berakhir dengan kesepakatan pedagang Muslim Bangkok akan berkunjung ke Pasar Kamu Deli Serdang Sumatera Utara sebagai pertukaran kunjungan untuk melihat pengelolaan pelestarian dan promosi kuliner tradisional tempo dulu yang dengan cepat menggerakkan dan menggeliatkan ekonomi masyarakat lokal. 


Selesai kegiatan pengabdian 4-5 Juli 2024 Tim Pengabdian Internasional FIB USU    dibawa melihat lokasi pembuatan kuliner lokal  dikemas modern dan kekinian dengan modal  besar di Bangkok sembari menunjukkan dan mencicipi kurma yang dibudidayakan  pedagang Muslim Bangkok dilahan pertanian mereka.

Pengabdian internasional FIB USU  yang diketuai Prof. Budi Agustono  dilaksanakan di di Kantor The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis di Bangkok hadir dan memberi sambutan Direktur Pusat Kajian Asia Timur  Universitas Thammasat, President of the Office of Muslim Committee of Bangkok Metropolis, pedagang Muslim, dan pengurus organisasi pedagang Muslim Bangkok.(rel/Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini