Penilaian Kecamatan Merupakan Alat Evaluasi Pemerintah Terhadap Kinerja Kecamatan

Editor: metrokampung.com

Sinar, metrokampung.com
Undang-undang nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah merupakan Penilaian  kecamatan terbaik yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk mendorong aktivitas dengan cara berkompetisi.
Uji kompetisi ini didasari program pemerintah yang sehat antara camat dan aparaturnya serta pembinaan kader pimpinan pemerintah untuk masa depan dalam memberhasilkan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta merangsang masyarakat agar semakin bergairah mensukseskan pembangunan di daerahnya.

Demikian sambutan Bupati Toba melalui Plt BPBD Robert Manurung, SH pada penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Kabupaten Tahun 2024 di Aula Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Kamis (25/7/2024).

Pada penilaian kecamatan ini, juga sebagai alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja kecamatan yang bertujuan sebagai penghargaan terhadap Camat terbaik ditingkat kabupaten karena telah berhasil melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat.  

Pada kesempatan yang sama Ketua PKK Kab Toba Ny Marlina Poltak Sitorus memaparkan, pada penilaian kecamatan ini merupakan kesempatan dan bukan sekedar penilaian. 

"Apa yang sudah dikerjakan bapak camat beserta stakeholdernya sebagaimana tuntutan peraturan bupati nomor 23. Apa yang sudah dilaksanakan, apa yang sudah diperbuat, bagaimana kesehatan, bagaimana keamanan, apa indikatornya, apa yang kamu kerjakan itulah yang di tulis.

Secara otomatis semua kinerja tahun 2023 itulah hasil yang tertulis, karena jika kecamatan kuat pasti kabupaten kuat dan provinsi hingga pusat pasti kuat. Khususnya ibu penggerak PKK salah satu ujungtombak dalam kekuatan keluarga, semuanya ada singkronisasi, karena kekuatan daerah ada diantara kita.

Mari kita ajak masyarakat, sebagai tugas kita bersama karena penilaian kecamatan terbaik pada kesempatan ini juga didukung kehadiran kita sebagai pertanggungjawaban moral. Jangan hanya menunggu penilaian saja, "kata Marlina sekaligus mengakhiri sambutanya dan bermohon, bila ada perkataan saya yang tidak berkenan mohon dimaafkan.

Berbagai sambutan dan arahan yang sedang berlangsung, dijawab dalam sambutan Camat Sinar Evendy Marpaung. Pada penilaian kecamatan terbaik ini, ijinkan kami memaparkan, ada delapan kecamatan yang bersaing  pada kesempatan ini,"kata Evendy.

"Wilayah Kecamatan Siantar Narumonda terbagi menjadi 14 desa. Keempat belas desa terbagi lagi dalam 40 dusun.

Desa Siantar Narumonda I adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Kecamatan Siantar Narumonda.

Desa Siantar Sigordang merupakan desa dengan wilayah terluas di Kecamatan Siantar Narumonda. Luas wilayahnya yaitu 4,35 km2 dan mencakup 19,60% dari total luas Kecamatan Siantar Narumonda. Sementara Desa Narumonda II merupakan wilayah terkecil di Kecamatan Siantar Narumonda. Luas wilayahnya hanya 0,41 km2. Persentase luasnyahanya 1,85% dari total luas Kecamatan Siantar Narumonda.

Desa Siantar Sigordang merupakan desa yang paling jauh dari ibu kota Kecamatan Siantar Narumonda yaitu berjarak sekitar 18 kilometer.
Siantar Narumonda merupakan pemekaran tahun 2006 dari Kecamatan Porsea, saya bertugas di kecamatan sinar tahun 2020, yang mempunyai prinsip, pada pelayanan pemerintahan di kecamatan ini berbasis stakeholder.

Kami berharap kecamatan inilp bisa mendapatkan yang terbaik, kolaborasi dengan pendamping desa, telah mendapatkan predikat pencapaian tahapan pencairan program pembangunan dengan singkronisasi kepada para kepala desa.

Tertib administrasi adalah program kami guna menghindari pelanggaran hukum, hingga tahun 2024 ini stakeholder pemerintah kecamatan hingga desa tidaklah ada tersangkut hukum.
Pengembangan pertanian, telah mendapatkan hasil yang signifikan, Peningkatan pembangunan insfrastrutur ruas jalan adalah yang sangat penting, guna mendukung kelancaran perhubungan.

Pada dasarnya program kemasyarakatan, kami berusaha memfasilitasi tingkat desa agar senantiasa bisa terarah kepada masyarakat dan selalu kita fasilitasi lewat komunikasi intens kepada para kepala desa dengan menggunakan tempat pertemuan di aula ini.

Program stunting menjadi prioritas kerja sama dengan pihak Puskesmas, kemudian desa wisata kini telah ada di Sinar, perlu wacana lain untuk mendukung pariwisata dimagsud.

Lembaga iman di kecamatan Sinar terdiri dari gereja protestan, gereja katolik serta musholla perlu perhatian menjadi tahapan program untuk bersama-sama mensukseskan keberagaman itu, perlu kami sampaikan data ini kita pertanggung jawabkan secara utuh,"ungkap Evendy. 

Diakhir acara, Camat Sinar menyampaikan rasa terimakasih kepada tim penilai guna mempercayakan Kecamatan Sinar sebagai kecamatan terbaik tingkat kabupaten. “Kami berharap dengan diberikannya kepercayaan ini dapat memotivasi kami agar lebih baik lagi kedepannya,” kata Evendy.

Dalam penilaian kecamatan terbaik Kabupaten Toba tahun anggaran 2024 melibatkan Dinas Catpil, Dinas kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pertanian, Dinas Perindakop, Dinas Pendidikan, Dinas PMD-PPA, Dinas Sosial, BKPSDM, Kesbang Pol serta Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP).

Hadir pada kesempatan itu Uspika kecamatan Siantar Narumonda yakni, Kapolsek Porsea, Danramil Porsea, UPT Puskesmas Sinar serta Kacabjari Porsea. (e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini