Pj. Bupati Langkat Ikuti Rakor Kesiapan Pengelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera

Editor: metrokampung.com

Langkat, Metrokampung.com
Pj.Bupati Langkat, H.M.Faisal Hasrimy AP, MAP menghadiri rapat koordinasi Kesiapan Penyelengaraan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Sumatera yang  dilaksanakan di Regale Internasional Convention Center, Medan, Selasa  (9/7/24) pagi. Pj.Bupati Langkat dalam kesempatan itu didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Mulyono, MSi, Kepala Dinas Kominfo Wahyudiharto,S.STP, MSi, Kepala BPKAD Drs. Iskandarsyah dan Kaban Kesbangpol Faisal Badawi,S.Sos.
       
Selain dihadiri langsung oleh dua menteri RI, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, rapat itu juga dihadiri seluruh kepala daerah, Pangdam, Kapolda dan segenap pejabat lainnya serta instasi terkait se- Sumatera.
       
Dalam  kesempatan itu Mayjen TNI Heri Wiranto Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah 3 kali  diselenggarakan. 
       
"Sebelumnya dilaksanakan di Jaya Pura, Makasar dan hari ini Sumatera Utara,"ujarnya.
       
Lebih lanjut dia pun menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk melihat sudah sejauh mana kesiapan dan mendengar permasalahan- permasalahan yang akan timbul di pilkada serentak, agar  dapat diantisipasi secara dini agar pilkada itu nantinya bisa berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan  undang-undang yang berlaku.  
       
Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas terlaksananya rapat kordinasi pilkada serentak di wilayah Sumatera itu.  Beliau merasa senang dengan antusias peserta rapat yang banyak hadir di ruangan demi mendengarkan paparan yang akan disampaikan  para narasumber nantinya guna mengoptimalisasi sinergitas dan koordinasi, khususnya dalam mengawal dan menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024. Untuk itu,  Kemenko Polhukam akan  membentuk Deks Koordinasi Pemilu dan Pilkada yang di dalamnya ada Kepmenko Nomor : 10 Tahun 2024 tentang Deks Koordinasi Pemilu dan Pilkada Kemenko, serta lima hal tindak lanjut agar koordinasi itu bisa terlaksana dengan baik, yaitu : 
(1). Bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali. 

(2). Meningkatkan koordinasi antar Kementerian/Lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku. 

(3). Perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan. 

(4). Seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di tengah- tengah masyarakat. 

(5). Meningkatkan peningkatan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, dan berkualitas.
       
Nah, sejumlah narasumber memberikan paparannya pada rapat tersebut,  diantaranya Menteri Dalam Negeri, Plt. Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Asops Polri Irjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum serta Pangkogap Wilayah I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi,M.Han.(BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini