PJ Gubsu Lepas Ekspor Perdana Hasil Perikanan UMKM Kerupuk kulit Ikan Patin

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Pj Gubernur Sumatera Utara Dr.Drs H.Agus Fatoni  M.Si lepas Ekspor perdana Hasil Perikanan Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM).Kerupuk kulit Ikan Patin, Rabu(3/7/2024).di Kantor BPPMHKP Desa Araskabu Kecamatan Beringin Deli Serdang.

Pelepasan Ekspor perdana ini di tandai dengan pemecahan kendi Oleh PJ Gubsu Dr.Drs H Agus Fatoni M.Si bersama Sekretaris Badan  PPMHKP( Pengendalian dan pengawasan Mutu hasil kelautan perikanan )KKP Ir.Hari Maryadi ,M.Si, Kepala Balai PPMHKP Medan I Nandang Koswara S.TP, MP, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Kualanamu Moh Zamroni S.Sos, MM, Kepala Dinas Kelautan perikanan Provsu Hamdan Sukri Siregar ,S.Sos, Kadis Koperasi dan UMKM Provsu Dr .Naslindo Sirait , Kepala Balai Besar POM Sumut, Kepala Balai besar Karantina hewan, tumbuh dan ikan , perwakilan ombudsman RI wIlayah Sumut, Kadis Perikanan Deli Serdang Drs.Iwan Salewa, Direktur CV.Raja Patin Indonesia Fitriadi dan Tri Handayani, peserta UMKM serta penguna jasa lainnya.

Hadir juga Pimpinan MOR I Sumbagut , Pimpinan Bank Mandiri dan pimpinan unit pengelolaan ikan (UPI)Wilayah balai PPMHKP Medan I, Medan II dan Tanjung Balai Asahan.

PJ Gubernur Sumut Dr.Drs.H Agus Fatoni dalam pers conferce  mengatakan Pada hari ini kita menyaksikan ekspor perdana kulit ikan patin , jadi ini baru pertama yang di ekspor CV.Raja Patin yang mana selama ini masih beredar di mini market, tapi hari ini Alhamdulillah bisa di ekspor ke Malaysia.

Pengelola nya Pak Fitriadi dan buk Tri Handayani sedangkan pembelinya Prof Musli, ini kebanggan kita bagi kita silahkan bagi yang lain menyusul dan kita juga terus berbuat upaya-upaya ekspor ini baik dari permodalan , baik dari sisi promosi , Packing nya dan juga lainnya , kata PJ Gubsu. 

Kita berharap UMKM di Sumut supaya naik kelas bisa go internasional dan juga kita bisa memaksimalkan meningkatkan kekuatan kita.

Kita akan go digital kita akan perbaiki semuanya agar ekspor di Sumut maju.Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi yang memfasilitasi ekspor hari ini.

Terima kasih juga pada seluruh pihak yang sudah bersama-sama mewujudkan ekspor ikan patin di Sumut ini.

Memang banyak yang kita upayakan pertama untuk memperkuat permodalan, yang kedua untuk pemasaran, ketiga sumber daya manusianya dan keempat packingnya, papar PJ Gubsu.

Sementara itu Sekretaris Badan PPHMKP Ir.Hari Maryadi menuturkan tadi kita telah melakukan suatu rangkaian yang luar biasa , kegiatan dimana kita di pertemukan di dalam satu forum pelepasan Ekspor perdana Hasil perikanan UMKM Kerupuk kulit ikan Patin.

Di luar itu banyak makna yang bisa kita dapatkan .kegiatan ini semata-mata seremonial ,tapi maknanya kita hadir disini dalam rangka mendukung dan mensupport bagaimana kehadiran kita untuk pemerintah di rasakan masyarakat, ujarnya Sekretaris Badan.

Di kesempatan ini diserahkan Perhargaan kepada Unit pengolahan ikan terbaik.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini