BUMDes MekarJaya Abadi Sei Limbat Juara I Lomba BUMDes Terbaik se- Sumut

Editor: metrokampung.com
BUMDes Terbaik : Direktur BUMDes Mekar Jaya Abadi, Asiah saat menerima hadiah dan penghargaan dari Pj. Gubsu sebagai BUMDes Terbaik di Sumut tahun 2024.

Langkat, Metrokampung.com
Memang tidak semua BUMDes sukses dan berhasil, tapi beberapa BUMDes di Kabupaten Langkat telah berhasil mengukir prestasi yang membanggakan, seperti BUMDes Mekar Jaya Abadi, Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai. Buktinya, BUMDes Mekar Jaya Abadi, Desa Sei Limbat, Kecamatan  Selesai telah berhasil meraih juara I lomba BUMDes Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2024.

"Ya, syukur alhamdulillah, Bumdes Mekar Jaya Abadi telah berhasil menjadi BUMDes terbaik di Sumatera Utara. Ini tentu membanggakan kita dan ini tentu bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi BUMDes- BUMDes yang lain agar bisa mengikuti apa yang sudah dibuat oleh BUMDes Mekar Jaya Abadi," ujar Kadis PMD Langkat, Nuriansyah Putra, MSi kepada Metrokampung, Minggu (18/8/2024).
Kadis PMD Kabupaten Langkat, Nuriansyah Putra, MSi

Lebih lanjut dia menjelaskan, BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa, dan merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan masyarakat, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan BUM Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. 
       
"Pembentukan BUM Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa dan  kepengurusannya pun terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.  Lalu, permodalannya dapat berasal dari Pemerintah Desa, dari tabungan masyarakat, dari  bantuan Pemerintah atau pun dari penyertaan modal pihak lain atau dari kerja sama bagi hasil atas dasar yang saling menguntungkan," ujarnya. 
Kepala Desa Sei Limbat, Ariadi

Selanjutnya, BUM Desa dapat melakukan pinjaman setelah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Desa. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang  selanjutnya disingkat APBDes  adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan BPD, yang ditetapkan dengan Peraturan Desa (Perdes).

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Sei Limbat, Ariadi. Bahkan, dengan tegas dia pun menambahkan keberhasilan BUMDes Mekar Jaya Abadi menjadi yang terbaik adalah berkat kegigihan dan kerja keras para pengurus dan pengelolanya.
       
"Selain itu, tentu berkat kerjasama yang baik dan kesadaran seluruh masyarakat dan warga Desa Sei Limbat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Mekar Jaya Abadi, Asiah menjelaskan bahwa BUMDes Mekar Jaya Abadi dibentuk tahun 2015 melalui musyawarah desa dengan nama BUMDes Warohmah, tapi sejak pendaftaran badan hukumnya ke Kemenkum HAM tahun 2021, namanya diganti menjadi BUMDes Mekar Jaya Abadi. Sedangkan unit usaha yang dikelola adalah Unit Usaha Simpan Pinjam Perempuan (SPP), agen BRILink bekerjasama dengan BRI dan perdagangan sembako.
       
"Nah, dalam hal ini yang menjadi unit usaha unggulan adalah unit usaha simpan pinjam," ujarnya. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini