Desa Tebing Linggahara Labuhanbatu, Masuk 9 Besar Nominasi Lomba ‘Aku Hatinya PKK Se Sumut'

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, masuk 9 besar nominasi lomba ‘Aku Hatinya PKK’ tingkat Kabupaten/ Kota Provinsi Sumatera Utara. Tim Evaluasi PKK Sumatera Utara mendatangi kantor Desa Tebing Linggahara pada Rabu, (7/8) guna melakukan penilaian.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd MM melalui Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ir. Rina Isyusilawati, mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim evaluasi Provinsi Sumatera Utara atas kedatangannya di Labuhanbatu.

“Selamat datang kepada tim evaluasi PKK Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan yang telah berkenan hadir di Labuhanbatu, khususnya di Desa Tebing Linggahara sebagai pelaksana lomba Aku Hatinya PKK,”ucap Rina.

Rina menyebut, kedatangan tim evaluasi ini merupakan kunjungan ketiganya. Kata Rina, Desa Tebing Linggahara telah melalui tahapan supervisi dan monitoring, dimana hari ini telah masuk nominasi 9 besar tingkat kabupaten/ kota dari 33 kabupaten/ kota se-Sumatera Utara untuk dievaluasi.

Capaian sampai ke tahap evaluasi ini, sambung Rina, merupakan bentuk kerjasama semua pihak, khususnya pemerintah Desa Tebing Linggahara, hal ini tentunya berkat kerja nyata dari ibu-ibu PKK pemerintah desa Tebing Linggahara yang begitu antusias melakukan perubahan melalui 10 program pokok PKK.

“Ini merupakan semangat dan antusias ibu-ibu PKK di Desa Tebing Linggahara, tentunya perlu kita sadari bersama bahwa gerakan PKK yaitu Dasawisma tentu ikut andil dalam menunjang keberhasilan pembangunan, khususnya di desa, sehingga desa ini dapat menjadi desa yang maju dan mandiri,”katanya.

Melalui Sekretaris PMD, Plt Bupati Labuhanbatu turut memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pemerintah Desa Tebing Linggahara yang senantiasa terlibat dengan tim PKK di setiap program maupun kegiatan. Plt Bupati berharap kegiatan ini dapat dijadikan motivasi dan semangat bersama.

“Saya turut mengucapkan apresiasi atas capaian ini, saya harapkan juga kegiatan ini bisa memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK, agar tetap terus giat menjalankan tugas serta fungsinya, terutama memberdayakan kesejahteraan keluarga,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi yang merupakan Pj Ketua TP-PKK Sumatera Utara, Tyas Fatoni, diwakili Tim Panitia Evaluasi Penilaian Sumut menyebut, kedatangan tim evaluasi bukan mencari kekurangan, tapi justru melihat keunggulan daerah, sehingga layak menjadi desa terbaik.

“Bapak ibu yang kami banggakan, kedatangan tim evaluasi ke daerah-daerah ini bukan untuk mencari kekurangan, tetapi ingin melihat keunggulan dari daerah, sehingga layak menjadi desa terbaik dari yang terbaik,”sebutnya.

Tim evaluasi turut mengucapkan selamat kepada Desa Tebing Linggahara yang telah berhasil masuk 9 besar nominasi, terdiri dari 6 kategori kabupaten, dan 3 kategori kota tingkat Sumatera Utara dari 33 kabupaten/ kota se-Sumatera Utara.

“Sebelumnya kami sampaikan selamat kepada bapak dan ibu semua karena telah masuk 6 besar kategori kabupaten dan 3 kategori kota. Beberapa waktu kita telah selesai monitoring dengan lancar, tim juga telah melaksanakan rapat untuk menentukan desa dan kelurahan terbaik,”ucapnya.

Katanya, rapat untuk menentukan desa dan kelurahan yang layak masuk tahap evaluasi untuk selanjutnya akan ditentukan peringkat kejuaraan nya. Dia berharap, kegiatan ini bukan hanya sekedar perlombaan, namun dapat dijadikan pembinaan sebagai desa percontohan.

“Saya yakin dan percaya bapak ibu telah berbuat maksimal, melakukan pembinaan berbagai inovasi dan kreativitas untuk meraih hasil yang terbaik, namun jangan jadikan pembinaan hanya sebatas kejuaraan tapi teruslah membina guna menjadikan wilayah ini menjadi contoh bagi desa sekitarnya,”tutupnya.

Terlihat, Ketua PKK Desa Tebing Linggahara,Nurjaidah S.Pd, memaparkan ekspose tentang kegiatan-kegiatan yang selama ini dilakukan di desanya, serta memberikan hasil-hasil kerajinan tangan yang dihasilkan dari Desa Tebing Linggahara ke Panitia Evaluasi Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Bilah Barat, M Noor Putra, Kades Tebing Linggahara Solehuddin Ritonga, sejumlah pimpinan OPD Pemkab Labuhanbatu, para Ibu-Ibu PKK Kecamatan dan desa, serta tamu undangan lainnya.(Oen)
Share:
Komentar


Berita Terkini