Hari Ulang Tahun Ke-63 Pramuka Tunjukkan Eksistensi Siapkan Generasi Muda

Editor: metrokampung.com

Laguboti, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Toba gelar upacara peringatan Hari Pramuka ke 63, Rabu (14/8) di lapangan SMA Negeri I Laguboti.
Bergerak sebagai pembina upacara, Drs Audy Murfhi O Sitorus, SH menuturkan bahwa sebagai organisasi non akademik, Pramuka harus terus tunjukkan eksistensinya dalam menyiapkan generasi muda.

Karena kegiatan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill. Serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF, yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik, yang menjadi postur ideal seorang pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

"Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat, dan lainnya," tutur Murfhy selaku Pembina Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) Kwartir Cabang.

Peringatan Hari Pramuka di Kabupaten Toba juga dimeriahkan oleh gelar terampil kepramukaan, seluruh anggota pramuka menampilkan kebolehannya.

"Sesuai tema yang diusung tahun ini yakni "Pramuka berjiwa Pancasila menjaga NKRI “, Pramuka Toba telah melakukan aksi pembekalan insan pramuka selama satu tahun.
"Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan".Saya selaku Waka Kwarcab, bertindak sebagai Pembina Upacara, yang dilanjutkan dengan Upacara Ulang Janji, pada malam yang sunyi, pada Peringatan Hari Pramuka Ke-63, Kwartir Cabang Toba.

Gerakan Pramuka mewujudkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka Yang Berjiwa Pancasila Menjaga Keutuhan NKRI.

Wahai praja muda harapan Ibu Pertiwi,
dipundakmu tertumpu tanggung jawab dan tugas suci, memperjuangkan kaum muda yang waras, "untuk mampu hidup dalam dunia yang edan, untuk mewujudkan cita-cita mulia, "ungkap Murfhy dihadapan hadirin dan para siswa-siswi SMA Negeri I Laguboti.

Ia berikrar seraya mengarahkan kepada para generasi muda bangsa, "Wahai praja muda kesatria bangsa, esok lusa akan kutanamkan benih-benih kebajikan, akan kutabur warna keluhuran jiwa, akan kuamalkan Tri Satya Pramuka.

Bangkitlah generasi mudaku, tanamkan dan hayati dalam hati sanubari, amalkan dengan sepenuh hati, semangat Dasa Darma. Dirgahayu Pramuka Indonesia Ke-63, "ungkap Murfhy mengakhiri.(e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini