Kecamatan Selesai Gerakkan Program Unggulan Taman PKK Sakti Emas

Editor: metrokampung.com
Camat Selesai, Yanes Pramanta Sitepu, SSTP

Langkat, Metrokampung.com
Kecamatan Selesai adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat. Dengan luas 167,33 km2 dan jumlah penduduk 73.878 jiwa, kecamatan yang terletak di wilayah Langkat Hulu ini terdiri dari 13 desa dan 1 kelurahan.
       
Nah, di bawah kepemimpinan Yanes Pramanta, Sitepu, SSTP sebagai camat, Selesai terus bergerak mengikuti gerak dan langkah dinamis dari Pemerintah Kabupaten Langkat yang ada di atasnya. Karena itu, berbagai program pun dilaksanakan, termasuk meningkatkan peran dan fungsi TP. PKK, baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa dan kelurahan.

Desa dan  kelurahan yang ada di kecamatan  tersebut adalah : Bekulap, Kuta Parit, Kwala Air Hitam, Lau Mulgap, Mancang, Nambiki, Selayang, Padang Cermin, Padang Brahrang, Pekan Selesai, Selayang Baru, Perhiasan, Sei Limbat dan Tanjung Merahe.
Apel : Camat Selesai saat Apel dengan mengenakan ulos. 
Gotong- Royong : Camat Selesai saat gotong- royong bedah rumah nek Rusmini, warga Lingk. VIII Pasar 2 Paya Jambu, Kelurahan Pekan Selesai. 

Nah, untuk peningkatan peran dan fungsi PKK, Pemerintah Kecamatan Selesai pun membuat program unggulan dengan nama Taman PKK Sakti Emas. Artinya, Taman Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga deSA Kreatif TIngkatkan pElayanan MASyarakat.
       
Jadi, semua desa/ kelurahan yang ada di Kecamatan Selesai didorong untuk membuat Taman PKK yang bermanfaat sebagai taman obat keluarga (toga), karena ditanami dengan tanaman obat- obatan, seperti jahe, kunyit, kencur, temu lawak, kumis kucing, daun sirih, daun pandan, kayu manis dan lain sebagainya.
       
"Tanaman obat keluarga itu disebut juga sebagai tanaman obat- obatan ringan yang bisa mengobati beberapa macam penyakit, seperti demam dan batuk, dan secara tradisional sudah dikenal oleh masyarakat kita. Selain itu, Taman PKK itu juga bisa ditanami dengan bunga- bunga yang cantik, sehingga bisa ikut  mempercantik wajah desa," ujar Camat Selesai, Yanes Pramanta Sitepu, SSTP didampingi istrinya, Ny. Indah, kepada Metrokampung, Kamis (15/8/2024).


Penyerahan Hadiah : Hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba Taman PKK Sakti Emas diserahkan oleh Camat Selesai, Yanes Pramanta Sitepu, SSTP dan istrinya yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Selesai, Ny. Indah Yanes Pramanta Sitepu. 

Nah, yang menarik, Taman PKK Sakti Emas itu pun diperlombakan, sehingga semua desa/ kelurahan pun didorong untuk mengelolanya dengan baik, sehingga benar- benar dapat dirasakan manfaatnya dan bisa tampil sebagai yang terbaik. Adapun hasilnya, Juara I Desa Sei Limbat, Juara II Desa Kuta Parit, Juara III Desa Padang  Brahrang, Juara IV Desa Perhiasan, Juara V Desa Selayang dan Juara VI Desa  Bekulap. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenangnya digelar di lapangan sepakbola Idris Yunus, Kecamatan Selesai tepat pada saat peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Jumat (17/8/2024).

"Nah, pada dasarnya, bukan masalah menang atau kalah, tapi bagaimana agar inovasi dan  program itu bisa terlaksana dengan baik, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sesuai dengan arahan dan instruksi Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy. AP, MAP," pungkas Yanes sambil tersenyum. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini