Kemenkes RI Kembali Kunjungi Puskesmas Pantai Labu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali Kunjungi Puskesmas Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Selasa (6/8/2024).

Rombongan Kemenkes RI yang dipimpin Kepala Balai Besar Laboratorium kesehatan dan lingkungan Akhmad Saikhu SKM, Msc PH setiba di Puskesmas Pantai Labu disambut Kabid Yankes Dinkes Deli Serdang dr Erizal Kaban, USAID Momentum Deli Serdang dr Hartaty Saragih, Kepala Puskesmas Pantai Labu dr Benny L.Bukit M.Kes serta bidan /perawat Puskesmas Pantai Labu.


Akhmad Saikhu mengucapkan terima kasih atas sambutan Puskesmas Pantai Labu kepada Kemenkes RI.


kami dari Kemenkes sudah meluncurkan secara resmi Program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Deli Serdang ini.

"Nah acara yang dilaksanakan tadi sebagai tanda rangka penting dalam upaya memperkuat sistem pelayanan kesehatan di tingkat primer yang tujuannya adalah meningkatkan aksesibilitas, kualitas dan Efisiensi pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Sedangkan program ILP itu sendiri adalah bertujuan untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang lebih terintegrasi, terdiri dari beberapa komponen yaitu penguatan kapasitas puskesmas, penguatan sistem Rujukan, penguatan informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat.

Program ini membuka peluang besar untuk meningkatkan aksesibilitas, kualitas pelayanan kesehatan di kabupaten Deli Serdang , namun tantangan seperti infrastruktur yang belum memadai , dan pendanaan yang terbatas ini perlu di atasi bersama dari berbagai pihak termasuk dari kementerian, dari integrasi layanan seperti pemerintahan desa , Pustu, posyandu, puskesmas sampai ke dinas kesehatan Kabupaten kota dan Provinsi.

Tambahnya terkait ILP apa sih manfaat nya bagi masyarakat dengan peluncuran program Kick off ILP ini, masyarakat di Deli Serdang diharapkan merasakan manfaat langsung berupa akses yang lebih baik ke pelayanan kesehatan dan sudah saya buktikan saat berkunjung di Puskesmas Pantai Labu. 

"Nah selain masyarakat tadi terkait dengan pelayanan kesehatan diharapkan di kabupaten Deli Serdang meningkat kualitas hidupnya kemudian terjadi efisiensi dalam pelayanan kesehatan dan program ini juga di harap  dapat mengurangi beban rumah sakit dan juga di harapkan dengan program ini kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan lebih meningkat," ujarnya.

"Saya lihat di puskesmas ini sudah menerapkan prinsip-prinsip ILP dan saya melihat program sudah di jalankan dengan baik melalui penataan layanan kemudian penyediaan sarana prasarana, peralatan dan sumber daya manusianya. Namun di perlukan juga penambahan peralatan untuk menunjang kegiatan kesehatan  seperti alat EKG, PCM dan lainnya dan hasil kunjungan ini akan kami laporkan semuanya ke direktorat jenderal kesehatan masyarakat," tutupnya.

Kepala Puskesmas Pantai Labu dr Benny L Bukit M.Kes mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim Kemenkes ke Puskesmas Pantai Labu dalam rangka meninjau Pelaksanaan ILP. 

"Kami berharap kepada tim Kemenkes dapat membawa usulan kami agar program ILP di Puskesmas ini berjalan lebih baik," paparnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini