Ketua Umum Kamtibmas Sutan Erwin Sihombing : HUT ke-79 RI, Belumlah Mencapai Apa Yang Menjadi Tujuan Negara

Editor: metrokampung.com

Ketua Umum Kamtibmas Sutan Erwin Sihombing.(ft/Vera/mk)


Medan, Metrokampung.com
Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 berlangsung dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan, dengan mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Tema ini sebagai simbol semangat untuk mendorong kemajuan dan keberlanjutan bangsa.

Sebagai Ketua Umum Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Indonesia (Kamtibmas) Sutan Erwin Sihombing, AMD, SH. MH merasakan kemerdekaan yang diraih hanya fiksi. Hal itu dikatakannya, Senin (19/8/2024) karena melihat beragam terpasungnya demokrasi, beragam terpasungnya tujuan negara yang membuktikan Indonesia masih berkhayal untuk menuju Indonesia maju. 

Memang mimpi adalah jembatan, mimpi adalah karakter, mimpi adalah filosofi daripada manusia. Namun sebagai instrumen dari tatanan dunia, negara Indonesia masih harus belajar banyak kebelakang.

Tema HUT RI ke-79  "Nusantara Baru Indonesia Maju. Sutan mengatakan bahwa sejakdulu Indonesia sudah maju dan Nusantara juga sudah baru. Banyak pakar-pakar di Indonesia ini yang filosofi kebangsaannya masih tercermin dari NPWP "Nek Piro Wani Piye". Artinya filosofi para pakar di Indonesia tidak murni melepaskan kepintaran, kecerdasan dan pengetahuannya. Tetap masih berorientasi terhadap bayaran dan angka.

Negara kesatuan merupakan dasar untuk berfikir. Bahwa persatuan dan kesatuan merupakan Alfa dan omega. Kesemuanya ini barulah disebut demokrasi.  Demokrasi yang terkawal dan terpimpin merupakan fitur-fitur dari demokrasi tersebut. Namun janganlah mengenyampingkan parameternya. 

Tema HUT RI ke- 79 tahun ini dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju. Menurut Sutan, Nusantara sudah ada sejak dulu dan tidak pernah berubah. Justru yang berubah itu adalah manusianya. Begitu juga dengan negara  Indonesia, sudah maju sejak dulu. 
Korelasi dari pada tema HUT RI ke-79 ini kita dinggap negara betul-betul  dungu. 

Darimana sejarahnya tahun 2045 itu Indonesia menjadi Indonesia perak. Ya...sudah pastilah ditahun 2045 Indonesia menjadi Indonesia emas karena sudah merdeka selama 100 tahun, dari tahun 1945 ke tahun 2045. Indonesia akan merayakan HUT ke-100 tahun di tahun 2045. Seratus tahun adalah tahun perayaan emas. 

Kita kecewa dengan pemerintahan yang ada saat ini. Kepala negara hanya cakap-cakap saja dan menghabiskan uang ribuan triliun. Fasilitas lengkap bahkan sampai buang angin pun dibayar negara. Jadi untuk apa Indonesia punya kepala negara kalau hanya cakap doang.

Begitu juga pimpinan TNI dan Polri, jika tak tercapai target tujuan negara sebaiknya dievaluasi atau bila perlu dibubarkan. Tugas utama TNI Polri adalah mewujudkan tujuan utama negara dan mengawal penyelengara negara. Dalam pasal 15 UU No.3 Tahun 2002 tentang keamanan nasional, dimana masyarakat sebagai anggota tidak tetap.

Kami sebagai masyarakat sudah menawarkan diri sejak tahun 2015 ikut serta berperan untuk mengisi kemerdekaan khususnya dalam tata kelola. Banyak persoalan tanah, kepastian hukum yang sampai kapanpun belum terselesaikan yang konsepnya masih diragukan. 

Berangkat dari semua ini, menurut Sutan yang sudah lama aktif di organisasi masyarakat ini, 79 tahun Indonesia merdeka adalah angka yang memalukan. 

"Jika saya seorang kepala negara saya sudah gantung diri karena gagal 10 tahun memegang amanah yang capain-capainnya masih sangat rendah".  Hal ini dibuktikan dengan parameter tujuan negara. Bagaiman kecerdasannya, kemakmuran dan kedamaian kamtibmasnya apakah masuk peringkat 10 besar dunia..?
Diharapkan penyelengara Negera yang terpilih kedepannya yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dapat menciptakan terobosan-terobosan yang lebih fundamental dimana parameternya adalah tujuan negara bukan tujuan ologarki, bukan pesanan-pesanan negara asing dan tidak mengambang. Artinya tidak memiliki tujuan politik balas dendam.

Sutan pun menyampaikan salam Semangat juang, semangat tempur, semangat dalam segala sisi dalam merayakan kemerdekaan RI.

Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka bukan sebatas momentum untuk berhenti berjuang, melainkan untuk menggabungkan kembali semangat berusaha. Mari jaga dan lestarikan kebebasan serta kemerdekaan ini. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-79 Republik Indonesia tahun 2024. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini