LPM Fakultas Pertanian USU Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Durian Pantai Labu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (22/8/2024) memberikan pengabdian kepada masyarakat Desa Durian kecamatan Pantai Labu yang dilaksanakan di Dusun VB desa setempat.

Kegiatan pengabdian yang bertajuk Optimalisasi lahan pesisir bagi pengembangan pertanian dan peternakan unggas terintegrasi dengan pemanfaatan limbah organik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Durian ini di pimpin ketua tim Dr.Nini Rahmawati SP, M.Si dan Ir.Tati Vidiana Sari S.Pt, MP serta Wida Akasah S.Agr, M.Sc.


Hadir pada kegiatan pengabdian itu Kepala Desa Durian Supiadi, Ketua TP-PKK desa Ny.Susanti Supiadi , Kepala dusun VB Imam Surbakti dan kelompok Ibu-ibu Dasa wisma.

"Ketua tim Pengabdian LPM USU Dr.Nini Rahmawati menuturkan Saya Dosen Fakultas Pertanian USU Program Studi Agro tekhnologi bersama teman lainnya mengadakan pengabdian kepada masyarakat , kebetulan kami mengambil skim kebermanfaatan lingkungan karena kami melihat di sekitar Desa Durian Kecamatan Pantai labu masih banyak limbah-limbah pertanian termasuk limbah ikan yang belum termanfaatkan," ujarnya.

Jadi selama ini masih di buang begitu saja belum di olah dengan baik , Jadi di situlah kami melihat ada peluang untuk dapat di manfaatkan baik dalam Budi daya pertanian terutama untuk budidaya sayuran di pekarangan rumah, kemudian sebagai bahan baku untuk pakan ternak.

Pada kesempatan ini kami juga membawa Ir.Tati Vidiana yang merupakan ahli di bidang peternakan yang nantinya akan menyampaikan mengenai pengolahan limbah ikan tersebut untuk di gunakan sebagai bahan baku pakan ternak , selain itu limbah ikan nanti bisa di buat sebagai bahan baku kompos, terangnya.

Di sini juga kami membawa 6 mahasiswa jurusan peternakan dan agro tekhnologi.

Kami berharap bahwa kegiatan ini nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat .Kami berharap program ini dapat di lanjutkan sehingga manfaat ini akan terus berkesinambungan memberi kesejahteraan peningkatan penghasilan. 

Pada pengabdian ini kami memberikan beberapa peralatan seperti Mesin pencacah untuk membuat kompos dan pakan ternak, mesin Tetas telur ayam atau itik kapasitas 50 butir, kemudian kompos bag , untuk menanam sayur verti culture, Media tanam, Vaksin, Vitamin dan lainnya, yang mana kegiatan dan peralatan ini di danai oleh LPPM USU, kira nya peralatan ini dapat di pergunakan sebaik-baiknya, papar Ketua Tim.

Ketua TP-PKK Desa Durian Ny.Susanti Supiadi mengucapkan terima kasih kepada para dosen LPPM USU dan mahasiswa yang telah melakukan pengabdian di desa kami.

"Dengan adanya pengabdian ini warga kami khususnya Ibu-ibu dasawisma kami dapat bertambah ilmunya di bidang peternakan dan pertanian yang mana bila di kembangkan akan menambah pendapatan perekonomian keluarga", kata Ny.Susanti.

"Kami juga mengucapkan terima kasih juga yang mana LPPM USU telah memberikan beberapa peralatan pertanian dan peternakan semoga peralatan ini dapat kami gunakan sebaik-baiknya," tutupnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini