Lubuk Pakam Juara Umum FSQ 46 Deli Serdang

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Kecamatan Lubuk Pakam menjadi juara umum Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-46 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024.

Untuk peringkat kedua ditempati Kecamatan Beringin. Peringkat ketiga, Kecamatan Percut Sei Tuan; peringkat keempat, Kecamatan Batang Kuis dan peringkat kelima, Kecamatan Bangun Purba.

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM diwakili Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Dr Drs H Citra Effendi Capah MSP saat menutup FSQ yang diselenggarakan di Lapangan Tengku Raja Muda, Kecamatan Lubuk Pakam, sejak Kamis, 8 Agustus 2024 tersebut dalam sambutannya menyampaikan, sejarah peradaban kebudayaan Islam telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Indonesia, khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Sejak berabad-abad, ajaran Islam telah menyebar luas dan membentuk karakter masyarakat Deli Serdang.

Salah satu manifestasi keindahan kebudayaan Islam tersebut adalah kesenian qasidah. Seni ini tidak hanya menjadi media dakwah yang efektif, tetapi juga menjadi cerminan identitas budaya masyarakat. Melalui syair-syair indah dan melodi yang merdu, seni ini telah tumbuh dan berkembang seiring dengan perjalanan waktu, menjadi simbol keindahan keagamaan masyarakat Deli Serdang.

"Melalui FSQ Kabupaten Deli Serdang, kita semua telah menyaksikan betapa kayaknya khazanah seni dan budaya Islam di Kabupaten Deli Serdang dan telah mampu menyatukan kita dalam semangat persaudaraan dan Ukhuwah Islamiyah serta menjadi sarana yang positif untuk semakin meningkat nilai seni qasidah, agar terus eksis dan berkembang seusai dengan kebutuhan zaman," ucap Pj Sekda, Senin (12/8/2024).


Pj Sekda memberikan apresiasinya atas kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan FSQ ke-46 tersebut.

"Kesemuanya ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak baik itu kepanitiaan, pengurus Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Deli Serdang, dewan juri, peserta, seluruh masyarakat serta dukungan dari TNI/Polri," jelas Pj Sekda.

Kepada para peserta, Pj Sekda berpesan, agar menjadikan keikutsertaan pada ajang tersebut tidak semata-mata untuk menjadi juara, tetapi lebih dari itu sebagai penyemangat untuk mensyiarkan Islam dengan menghadirkan rasa aman dihati umat yang mendengarkan, membangkitkan optimisme dan perilaku positif serta membesarkan peradaban dan kebudayaan Islam. 

"Kalah menang adalah hal biasa, yang terpenting saudara mau berusaha dan berkeinginan untuk melakukan yang terbaik. Bagi yang meraih prestasi supaya dapat dipertahankan dan ditingkatkan guna menjadi bekal persiapan diri mewakili Kabupaten Deli Serdang di tingkat Provinsi Sumatera Utara," pesan Pj Sekda.

Turut hadir pada penutupan FSQ tersebut, Pj Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Chairani Citra Effendi Capah beserta pengurus; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Batubara, Rusian Heri SSos MAP; Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para kepala organisasi pimpinan daerah (OPD) dan camat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdI; Ketua Harian Lasqi Deli Serdang, H Alpin Hasibuan dan lainnya.(Lubis/MK).
Share:
Komentar


Berita Terkini