Pembekalan Penguatan Kapasitas Pengawas PKD Kecamatan Jorlang Hataran, Dalam Rangka Pemilihan Tahun 2024

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Pembekalan Penguatan Kapasitas Pengawasan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di Kecamatan Jorlang Hataran pada hari Jumat, 23 Agustus 2024. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jorlang Hataran ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengawasan para PKD dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Nagori Parmonangan , Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun. Dimulai pada pukul 09.00 WIB, acara ini dihadiri oleh 35 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap Nagori di Kecamatan Jorlang Hataran. 

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan pembekalan dari narasumber yang berasal dari mantan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun Micael Siahaan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menegaskan pentingnya peran PKD dalam menjaga kelancaran dan keamanan proses pemilihan di tingkat Nagori dan Kelurahan. 

“Saya mengajak seluruh peserta untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat  yang sudah kondusif ini. Jangan ragu untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Panwascam dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, kegiatan ini juga didasarkan pada surat undangan dari Ketua Panwascam Kecamatan Jorlang Hataran, Dapot Sianipar.
Dalam pembekalan ini, para peserta diberikan materi tentang teknik-teknik pengawasan yang efektif, khususnya dalam menghadapi berbagai potensi pelanggaran yang mungkin terjadi di tingkat Nagori dan Kelurahan.

Narasumber dari mantan Bawaslu Kabupaten Simalungun Micael Siahaan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait peraturan dan regulasi yang harus diperhatikan oleh para pengawas PKD. 

Selain itu, disampaikan pula pentingnya netralitas dalam menjalankan tugas pengawasan untuk memastikan Pilkada berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

“Koordinasi yang baik akan mencegah potensi konflik serta menjaga proses pemilihan agar berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.

Acara pembekalan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta dapat berdiskusi langsung dengan Panwascam, terkait berbagai isu pengawasan di lapangan. 

Peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dengan harapan bahwa pengetahuan yang mereka peroleh dapat diaplikasikan secara maksimal dalam tugas pengawasan nanti.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para PKD di Kecamatan Jorlang Hataran dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih percaya diri dan profesional, sehingga turut berkontribusi dalam menciptakan proses Pilkada yang damai dan berkualitas di Kabupaten Simalungun."(ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini