Pemerintah Kecamatan Padang Tualang Luncurkan Program GEMAR CETING Untuk Cegah Calon Pengantin Dari Bahaya Stunting

Editor: metrokampung.com
Lounching : Lounching program inovasi GEMAR CETING, Selasa (20/8/2024), di Aula Kantor Camat Padang Tualang. 

Langkat, Metrokampung.com
Pemerintah Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat  meluncurkan program GEMAR CETING sebagai program inovasi untuk mencegah para calon pengantin remaja dari bahaya stunting, Selasa (20/8/2024). Hal itu ditegaskan oleh Camat Padang Tualang, M. Izwanda, SE, Kp, M. SP kepada Metrokampung, Rabu (21/8/2024).

"Namanya GEMAR CETING. Artinya, GErakan peMbinaan cAtin Remaja CEgah sTuntING. Program inovasi ini baru saja dilounching semalam, Selasa (20/8/2024), kolaborasi Pemerintah Kecamatan Padang Tualang dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Puskesmas Tg. Selamat, ditandai  dengan memberikan arahan di bidang keagamaan dan kesehatan kepada para calon pengantin remaja yang akan melangsungkan pernikahan, dengan tujuan agar sebelum menikah para calon pengantin remaja itu terlebih dahulu diberi pengarahan dan nasehat, sehingga faham dengan bahaya stunting, sehingga anaknya kelak tidak terkena stunting," ujarnya.




Jadi, kepada mereka diberikan pembinaan, pengarahan dan nasehat agar kelak calon pengantin remaja itu menjadi pasangan yang sehat dan kuat.  Sehat artinya, sehat jasmani dan rohani.
       
Sedangkan siap artinya, siap menjadi orangtua (ayah dan ibu) yang bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kelangsungan hidup keluarganya.

"Kepala KUA jadi narasumber pada acara lounching tersebut dengan memberikan pembinaan di bidang keagamaan. Menariknya, para mahasiswa KKN juga ikut hadir, karena tertarik mereka dengan topik utamanya, tentang pencegahan stunting," tambahnya.
       
Selain itu, ada juga pembinaan dari Wakil Ketua HIPMI Langkat. Tujuannya, ya agar para calon pengantin remaja itu tetap semangat untuk meningkatkan pendapatan keluarganya, sehingga terpenuhi kebutuhan gizi keluarganya.
       
"Jadi, dengan kegiatan ini diharaplan agar dapat menambah wawasan para calon pengantin remaja, sehingga anak- anaknya nanti lahir dengan sehat dan kuat, karena sejak dari dalam kandungan sudah diawasi dam dijaga agar tercukupi kebutuhan gizinya. Jadi, kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk pencegahan stunting pada anak," pungkasnya.

Yah, semoga sukses ya program inovasinya, sesuai dengan harapan, arahan dan instruksi Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP. Dengan banyaknya inovasi yang dibuat, mudah- mudahan Kabupaten Langkat bisa semakin berkembang dan maju.(BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini