Penyaluran Tali Asih, Pj Bupati: Bilal Jenazah & Penggali Kubur Pekerjaan Mulia

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM menyalurkan Tali Asih kepada Bilal Jenazah dan Penggali Kubur Triwulan ke-II Tahun 2024 di Aula Uncle Sams, Lubuk Pakam, Selasa (6/8/2024).

Dijelaskan Pj Bupati, bilal jenazah dan penggali kubur merupakan pekerjaan mulia dan terhormat serta penuh nilai ibadah, karena menyangkut kepentingan orang banyak. Bilal jenazah dan penggali kubur merupakan dua pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan. Siapa pun yang mau menjadi bilal jenazah dan penggali kubur menunjukkan orang tersebut memiliki jembatan hati yang ikhlas dan penuh kejujuran. Sebab, pekerjaan mulia tersebut sangat penting bagi kehidupan masyarakat.


"Pemberian Tali Asih Bilal Jenazah dan Penggali kubur Triwulan II tahun 2024 ini bertujuan agar kita bisa lebih dekat dan bersilahturahmi. Kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas jasa-jasa yang telah Bapak dan Ibu berikan dengan ikhlas selama ini kepada masyarakat," ucap Pj Bupati.

Pj Bupati berharap, para bilal jenazah dan penggali kubur bisa terus menjalin persaudaraan sesama umat Islam, kebersamaan, dan persatuan. 

Kepada para penerima bilal jenazah dan penggali kubur, Pj Bupati berpesan agar memanfaatkanlah tali asih yang diberikan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup.

"Terus semangat dan ikhlas, sebab yang paling penting di hadapan Allah SWT, bukanlah apa pekerjaan di dunia, tetapi amal ibadah yang sudah dikerjakan selama di dunia. Kesemuanya itu tentu untuk meraih surga dan rida Allah SWT," jelas Pj Bupati.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Drs Syahrul MPd dalam laporannya menyampaikan, keseluruhan bilal jenazah dan penggali kubur se-Kabupaten Deli Serdang yang telah menerima tali asih sebanyak sebanyak 3.535 orang. Dari jumlah itu, 1.832 di antaranya adalah bilal jenazah dan sisanya, 1.603 penggali kubur. 

Penyaluran tali asih yang dilakukan di kesempatan itu, diperuntukkan bagi para bilal jenazah dan penggali kubur dari dua kecamatan terakhir, yakni Beringin dan Lubuk Pakam. Rinciannya, dari Kecamatan Beringin sebanyak 42 bilal jenazah dan 33 penggali kubur. Sedangkan dari Kecamatan Lubuk Pakam, sebanyak 68 bilal jenazah dan 34 penggali kubur.

Selain itu, ada juga penyaluran dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang diperuntukkan bagi para mustahik dari Kecamatan Lubuk Pakam dan Beringin, masing-masing 60 orang.

Turut hadir di acara itu, Ketua Badan Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang, H Surya Putra; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdI; Inspektur, Edwin Nasution SH; Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Drs H Misran Sihaloho MSi; Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM; Kepala Dinas Sosial, Rudi Akmal Tambunan ST; Camat Beringin, M Dhani Mulyawan SIP MIP; Camat Lubuk Pakam, Rio Laka Dewa SSTP MAP dan lainnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini