Pidato Kenegaraan Presiden RI, Menjadi Agenda Paripurna DPRD Toba Beserta OPD Kabupaten Toba

Editor: metrokampung.com

Toba, metrokampung.com
Agenda pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Toba Jumat (16/8/2024) mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 pada Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo menyiratkan kepercayaan diri, pembangunan yang diwujudkan dengan semangat kebersamaan akan memberi kebaikan serta mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.
“Saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama, kita bisa mewujudkan Indonesia yang kuat untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi juga menyampaikan, ketangguhan Republik Indonesia sebagai bangsa telah teruji saat menghadapi pandemi, perubahan iklim, dan geopolitik yang memanas.

Selain itu, Jokowi juga menggarisbawahi beberapa perubahan penting dalam pembangunan nasional, antara lain: penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, serta penurunan angka pengangguran.

Sebagai pamungkas, di pidato kenegaraan terakhirnya sebagai Presiden, Jokowi menyerukan semangat pada HUT ke-79 Republik Indonesia. Adapun perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia nantinya akan berlangsung di IKN.

Ketua DPRD Toba, Effendi SP. Napitupulu, didampingi oleh Wakil Ketua  Manurung dan Mangatas Silaen, memimpin Rapat Paripurna dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Toba pada Jumat (16/8/2024).

Dalam pidato pembukaannya, Effendi Napitupulu menyampaikan bahwa HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” Tema ini dipilih karena tahun ini bertepatan dengan tiga momen penting bagi Indonesia, yaitu penyambutan Ibu Kota Nusantara (IKN), pergantian presiden, serta langkah menuju Indonesia Emas 2045.

“Oleh karena itu, marilah kita menyongsong tiga momen penting ini dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Effendi sambil mengetuk palu sebagai tanda dimulainya rapat paripurna.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan Pidato Pembukaan Sidang Tahunan MPR RI, yang diikuti dengan Sidang Tahunan DPR RI yang dipimpin oleh Ketua DPR RI, sebelum akhirnya Presiden RI menyampaikan Pidato Kenegaraan.
Diakhir acara, Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu, mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir pada Paripurna kali ini.

“Kita telah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI. Semoga apa yang menjadi harapan bangsa ini dapat menjadi harapan kita bersama dalam mewujudkan kemajuan bangsa yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Effendi sebelum resmi menutup rapat paripurna. (e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini