Safari Dakwah, Tabligh Akbar dan FSQ ke-46, Pj Bupati: Pererat Tali Silaturahmi dan Spirit PON ke-21

Editor: metrokampung.com

Deliserdang, metrokampung.com
Safari Dakwah dan Tabligh Akbar serta Pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024 diharapkan menjadi cermin nyata toleransi yang tumbuh subur di Kabupaten Deli Serdang.

Harapan ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM di acara yang dihelat di Lapangan T Raja Muda, Kelurahan Lubuk Pakam I-II, Kecamatan Lubuk Pakam, Kamis (8/8/2024) tersebut.

Penyelenggaraan FSQ sendiri merupakan agenda rutin tahunan untuk mendukung program nasional di bidang keagamaan, dengan tujuan agar seni qasidah dapat terus eksis dan beradaptasi sesuai perkembangan zaman.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli serdang berkomitmen untuk terus mendukung penyelenggaraan event tersebut dan dapat diharapkan bisa membawa nama baik Kabupaten Deli Serdang di tingkat provinsi maupun nasional.

"Lebih dari itu, tujuan utama adalah agar seni qasidah semakin dicintai dan berakar serta membudaya di tengah-tengah umat Islam Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang," ucap Pj Bupati.

Pj Bupati juga menjelaskan, kegiatan tersebut tidak hanya memperkuat Ukhuwah Islamiyah, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. Begitu juga dengan spirit Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Sumatera Utara (Sumut)-Aceh yang akan dilaksanakan, pada tanggal 8 sampai 20 September 2024 mendatang.

Pj Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar pagelaran PON ke-21 tersebut bisa berjalan lancar dan sukses serta memberi manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat Sumut.

Hal senada disampaikan Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Drs A Fatoni MSi saat membuka Safari Dakwah dan Tabligh Akbar, serta FSQ ke-46 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024 tersebut.

"Sumatera Utara tahun ini menjadi tuan rumah PON ke-21. Di Sumatera Utara pertandingannya diadakan di 10 kabupaten, termasuk di Deli Serdang. Oleh karena itu, ini satu kehormatan bagi kita, satu kebanggaan menjadi tuan rumah. Karena tidak mudah untuk menjadi tuan rumah, perlu perjuangan, perlu juga kita berkompetisi dengan yang lain untuk menjadi tuan rumah. Kita cukup lama menjadi tuan rumah PON, setelah tahun 1953 silam. Mari tahun ini kita mengukir sejarah menjadi tuan rumah PON yang baik, menyelenggarakan PON dengan sukses sekaligus berprestasi," papar Pj Gubsu.

Pj Gubsu turut memberi apresiasi kepada Pj Bupati dan jajaran Pemkab Deli Serdang yang telah mempersiapkan pelaksanaan PON ke-21, baik secara promosi maupun hal lainnya.
Pj Gubsu juga menyinggung perihal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 27 November 2024 mendatang.

Pj Gubsu pun mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut, serta terus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Tahun ini, kita juga akan menyelenggarakan Pilkada. Pencoblosannya, 27 November 2024. Kita dukung pelaksanaan Pilkada dengan baik, gunakan hak pilih kita, tetap jaga iklim yang kondusif. Kita ajak semua masyarakat, jangan ikut menyebarkan hoax, jangan ikut menyebarkan ujaran kebencian, adu domba, fitnah. Kita jaga, kita tanamkan bahwa kita semua bersaudara. Kita harus bersatu untuk mewujudkan Sumatera Utara yang maju, sejahtera, mantap dan harmonis," imbau Pj Gubsu di acara yang turut dirangkai dengan tausiyah oleh Ustad Yusuf Mansyur tersebut.

Turut hadir pula, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, Kyai Amir Panatagama SPdi; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; Pj Sekretaris Daerah Deli Serdang, Dr Drs Citra Effendi Capah MSP; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, H Waluyo; anggota DPRD Deli Serdang, Siswo Adi Suwito dan lainnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini