Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati Pada Pemilihan Tahun 2024

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Dalam rangka Pemilihan Umum serentak 2024, Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Dolokparibuan Kabupaten Simalungun (Panwascam) melakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada masyarakat di Gedung Serba Guna H.K.I Siborong-borong Lontung, Selasa (27/8/24). 

Ketua Panwascam Kecamatan Dolokpanribuan Parlin Sihotang dalam sambutannya mengatakan, menyongsong Pemilu 2024, Panwascam berkoordinasi dan kerja sama dengan mitra-mitra strategis dalam rangka pengawasan partisipatif.

Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Panwascam dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan, dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“kita sadar bahwa Panwascam tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan,”ucap Parlin. 

"Ada ruang yang tidak dijangkau penyelenggara, ini mungkin bisa di jangkau pihak lain maka sinergisitas dengan semua pihak itu penting," imbuhnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan, mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik. 

“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,”ungkapnya.

Juga menjelaskan, sengaja kita datangkan  Narasumber Micael Siahaan yang juga mantan anggota Bawaslu Simalungun yang akan menyampaikan informasi terkait mekanisme pengawasan pemilu, tugas, dan tanggung jawab Panwascam. 

Serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga integritas Pemilu."Mari kita bersama-sama menjaga integritas pemilu," harapnya.

Dalam sosialisasi tersebut mantan Bawaslu juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanya dan berdiskusi mengenai pemilu sekaligus memberikan masukan dan saran kepada Panwascam.

Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan hak suaranya serta turut menjaga keberlangsungan demokrasi  di kecamatan dolokpanribuan ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pengawasan pemilu dan bagaimana peran mereka dalam menjaga integritas pemilu,”tuturnya. (ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini