Dinas Perikanan Deli Serdang Gelar Pelatihan Perbaikan Mesin Sampan di Pantai Labu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang, Selasa (10/9/2024) mengadakan pelatihan perbaikan mesin sampan kepada nelayan jaring seser Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu. 

Pelatihan kegiatan pemberdayaan nelayan kecil dalam daerah kabupaten/kota anggaran tahun 2024 ini dilaksanakan di Dusun 7 Kampung Belacan desa setempat. 

Tampak hadiri Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan (PPTK) Dinas Perikanan Deli Serdang Heru Nugraha Sembiring S.Pi, Pendamping Tehnis Perikanan Kecamatan Pantai Labu Supariono S.Pi, Kaur Pemerintahan Desa Pematang Biara Suradi, Instruktur dari BPPT (Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan) Medan Suhartono serta para nelayan Desa Pematang Biara.

PPTK Dinas Perikanan Deli Serdang Heru Nugraha Sembiring S.Pi mengatakan Pada hari ini kami dari Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang mengadakan pelatihan perbaikan mesin sampan kepada nelayan kecil Desa Pematang Biara," katanya.

"Pelatihan perbaikan mesin ini kami lakukan dengan tujuan agar para nelayan bisa paham memperbaiki mesin sampannya yang mana bila ada kerusakan saat mencari ikan di laut bisa di perbaiki sendiri selain itu menghemat pengeluaran para nelayan dari pada memperbaiki di bengkel tempat orang," ujar Heru.

"Pada pelatihan ini kami bawa instruktur perbaikan mesin dari BPPP Medan dan ketika mesin di bongkar bila ada kerusakan spare part nya, kami dari dinas Perikanan menggantinya dengan yang baru agar mesin mereka bisa di pergunakan kembali untuk melaut," terangnya.

"Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi nelayan desa ini sekaligus mendapat ilmu dalam hal perbaikan mesin," papar Heru Nugraha Sembiring.

Pendamping tehnis Perikanan Kecamatan Pantai Labu Supariono S.Pi dalam mengucapkan terima kasih kepada para nelayan Desa Pematang Biara yang telah hadir mengikuti pelatihan perbaikan mesin sampan.

"Di Desa Pematang Biara ini ada sekitar 60 nelayan, nah pada hari ini hanya di ikuti 20 nelayan yang di namakan Nelayan Jaring Seser," sebut Supariono.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini para nelayan dapat mengerti memperbaiki mesin sampannya sekaligus menghemat biaya pengeluaran," tutupnya.

Salah seorang nelayan Sutarjo mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Deli Serdang dan instruktur  yang telah memberi pelatihan perbaikan mesin sampan kepada kami.

"Pelatihan ini sangat baik sekali bagi kami nelayan yang mana saat  melaut keluhan kami sering terjadi kerusakan di bagian CDI dan busi," katanya. 

"Dengan adanya pelatihan ini kami jadi mengerti memperbaiki mesin, apalagi mesin kami ini merupakan pemberian dari dinas Perikanan tahun 2018 lalu, 'Alhamdulillah hingga saat ini masih bisa kami gunakan," tukas Sutarjo.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini