Maestro Tari Melayu H.Yose Rijal Firdaus Menari di Pasar Kamu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Tak dinyana dan tak disangka Sang Maestro Tari Melayu Sumatera Utara H.Yose Rijal Firdaus SH yang saat ini telah berumur 79 tahun masih piawai membawa beberapa tarian di Pasar Kamu Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Minggu (22/9/2024).

Sang maestro H.Yose Rijal terlihat masih hapal gerakan tari Melayu yang diiringi Pak pong Pasar Kamu pimpinan Nyoman.

Dikesempatan itu saat menari Sang Maestro di dampingi mantan muridnya serta dari Sanggar Patria dan Sanggar Hang Tuah mendapat aplaus dari Mantan Wakil Bupati Deli Serdang H.Zainuddin Mars yang kebetulan berada di Pasar Kamu dan para pengunjung lainnya.


"Saat di wawancarai Sang Maestro tari Melayu ini mengatakan ia mulai menekuni tari Melayu ini sejak berumur 4 tahun 1949 lalu," katanya. 

"Dulunya ua pernah belajar tari di gedung kesenian Medan yang kala itu Almarhum guru Sauti pegawai di situ, lalu pada sekitar tahun 1970 pernah mengajar tari di Tanjung Morawa, dan dilanjutkan di Tebing Tinggi dan kota Medan," bilangnya.

Dibandingkan di jaman saya dulu dengan jaman sekarang, anak sanggar tari sekarang banyak kreativitasnya, namun saya berpesan kepada anak-anak itu harus menguasai akar dari seni tari itu ,'ya kalau tari Melayu ya harus dapat akar Melayu nya atau tari batak ya harus dapat akar Bataknya, biar bisa dijiwa i," terang nya.

"Saya berharap kepada generasi muda khususnya anak anak sanggar tari Melayu di Pantai Labu teruslah belajar, berkreasi dan berinovasi agar tari Melayu ini bisa lestari dan berkembang," ujarnya mengakhiri.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini