Peran Strategis Koperasi Antarkan Indonesia Emas 2045, Wisata Kuliner Pasar Kamu Mendapat Penghargaan

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Koperasi Maju, Indonesia Emas merupakan tema yang diangkat pada Peringatan Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024. Tujuannya adalah untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM dalam sambutannya, pada Peringatan Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024 di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Selasa (3/9/2024).

Beberapa tahun terakhir, kata Pj Bupati, bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah. Mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik. Puncaknya, menambah ketidakpastian dalam segala segi kehidupan. Tantangan serupa juga terasa dampaknya dan tengah berlangsung di tanah air, seperti gejolak harga pangan yang mengakibatkan inflasi.

"Pada peringatan 77 tahun Hari Koperasi kali ini, menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran strategis koperasi di Kabupaten Deli Serdang langsung muncul dalam menjawab tentang krisis dan inflasi yang kita hadapi. Selain peringatan Hari Koperasi juga memperingati Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sedunia setiap tahun," kata Pj Bupati yang di acara itu turut didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman.

Secara operasional, peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha mikro dan kecil, agar usahanya menjadi lebih berskala ekonomi. Mengakselerasi para pelaku usaha mikro dan kecil dengan inovasi dan teknologi agar menghasilkan produk-produk berkualitas yang bernilai ekonomi tinggi.

Untuk mengupayakan hal tersebut, koperasi berperan sebagai ekosistem pendukung ekonomi usaha mikro dan kecil. Koperasi harus terlebih dulu hadir sebagai pemberdayaan anggota koperasi. Tidak boleh sekadar memenuhi Ambisi sebagian pengurusnya.

Di tengah himpitan krisis dan inflasi, koperasi harus lebih inovatif dan akuntabel, sehingga dapat memberi manfaat lebih besar kepada anggota dan lingkungannya.

"Untuk itu, kami tidak bosan-bosannya mengingatkan agar akuntabilitas koperasi harus terus diperkuat. Tata kelola koperasi harus semakin baik, sehingga koperasi semakin dipercaya masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Maka semangat berkolaborasi inilah yang kita ingin dikembangkan. Kita berharap, Rancangan Undang-Undang (RUU) Koperasi segera diundangkan guna memperkuat ekosistem kelembagaan koperasi yang lebih baik," papar Pj Bupati.

Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi untuk membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa pariwisata dan usaha lainnya.

Kabupaten Deli Serdang memiliki potensi unggulan, seperti komoditas kerajinan, destinasi wisata dan lainnya.

"Koperasi sektor riil harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut. Tujuannya, agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat dirasakan dan dinikmati kembali oleh anggota masyarakat di wilayah sekitarnya," sebut Pj Bupati.

Pj Bupati berharap, lebih banyak lagi masyarakat Deli Serdang yang berkoperasi. Sebab, dibutuhkan lebih banyak koperasi-koperasi sektor rill. Sektor produktif yang mampu mengoptimaliasai pengelolahan sumber daya alam (SDA) agar lebih banyak lagi koperasi-koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi, sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah.

"Insyaallah, sejalan dengan semakin banyaknya pelaku usaha mikro dan kecil berkoperasi, semakin banyaknya koperasi yang mengedukasi pelaku UMKM terhadap inovasi teknologi dan permodalan, maka akan banyak dan cepat UMKM di Deli Serdang naik kelas. Sehingga tema Hari Koperasi ke-77, yaitu Koperasi Maju, Indonesia Emas, mampu bersama-sama kita wujudkan," tutup Pj Bupati.

Sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan Hati Koperasi ke-77 Kabupaten Deli Serdang, Zulkifli Utama SE dalam laporannya mengemukakan, pelaksanaan kegiatan itu pada dasarnya merupakan harinya Gerakan Koperasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadirbdi acara itu, Wakil Bupati Deli Serdang periode 2009-2019 yang juga Tokoh Koperasi Sumatera Utara, H Zainuddin Mars; Waka Polresta Deli Serdang, AKBP Juliani Prihartini SIK MH; Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, A Fachrizal MSi; Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Dr Drs H Citra Effendi Capah MSP; Ketua Dharma Wanita Persatuan Deli Serdang, Ny Chairani Citra Effendi Capah; para staf ahli, asisten, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).(Lubis/MK).
Share:
Komentar


Berita Terkini