Pj Bupati Deli Serdang Ajak Umat Islam Teladani Akhlak Rasulullah

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan bisa menjadi titik balik dalam memperbaiki akhlak. Sebab, sejatinya akhlak yang paling mulia adalah akhlaknya Rasulullah SAW.

Ajakan ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM ketika menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M Kabupaten Deli Serdang di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah, Rabu (25/9/2024).

Kembali ditegaskan Pj Bupati, Maulid Nabi Muhammad jangan hanya dijadikan sebagai acara seremonial, tetapi juga sebagai sarana untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Karena pada kenyataannya, banyak hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari momentum tersebut. Terlebih lagi, jika semakin didalami dan dihayati, maka semakin terasa agungnya nilai-nilai luhur ajaran Islam. Sehingga, wajar bila peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut diperingati oleh umat Muslim, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.


"Esensinya adalah untuk memperteguh rasa cinta kita kepada Rasulullah, meneladani akhlak dan kepribadian beliau beserta memperkuat iman dan keyakinan serta ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ungkap Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengajak seluruh umat Muslim di Deli Serdang untuk menjadikan akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dalam membangun Kabupaten Deli Serdang yang religius dan berakhlak mulia.

Di kesempatan itu, Pj Bupati turut menyampaikan, perihal tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara dan Deli Serdang.

"Mulai hari ini, sudah sampai ke tahapan masa kampanye. Pilihan boleh berbeda-beda, tetapi kerukunan, kebersamaan, dan ketenteraman itu wajib kita pegang teguh pada prinsip-prinsip pemilihan. Kita harus menyambut Pilkada ini dengan penuh kegembiraan. Ini adalah pesta demokrasi, rakyat harusnya bergembira," jelas Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Deli Serdang, untuk menggunakan hak suaranya pada prosesi Pilkada nantinya, dengan memilih pemimpin yang menurut masyarakat bisa membangun Sumatera Utara dan Deli Serdang, ke depan.

"Semoga tahapan kampanye ini sampai nanti ke penetapan pemenang, pelantikan kepala daerah, bisa berjalan lancar, damai, dan tenteram. Seperti ini harapan kita bersama," harap Pj Bupati.

Sebelumnya, Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Drs H Syahrul MPd mengatakan, peringatan tersebut mengusung tema, "Meneladani Akhlak Rasulullah dalam Merajut Kebersamaan dan Semangat Persaudaraan untuk Mewujudkan Masyarakat Deli Serdang yang Religius, dan Rukun dalam Kebhinekaan".

Drs H Syahrul MPd yang juga Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang inj menambahkan, peringatan maulid tersebut bertujuan untuk mengenang peristiwa lahirnya dan perjalanan Nabi Muhammad SAW guna meneladani akhlak, kesederhanaan serta kepemimpinannya.

Selain itu pula, untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Deli Serdang yang paripurna dalam merajut kebersamaan dan semangat persaudaraan dalam mewujudkan Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Turut hadir di acara itu, Dandim 0204/DS, Letkol Inf Alex Sandri SHub Int; Waka Polresta Deli Serdang, AKBP Juliani Prihartini SIK; Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Dr Drs H Citra Efendi Capah MSP; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, H Syarifuddin Daulay SAg MPd; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama; Ketua Pengadilan Agama, Drs H Juaini SH MH; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, H Waluyo; para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang dan camat, kepala desa/lurah, organisasi masyarakat/agama, dan lainnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini