PON XII Aceh - Sumut 2024 di Karo, Hari Pertama Cabor Catur , Sumut Kirim 12 Pecatur

Editor: metrokampung.com
Tuti Rahayu Dinuhaji Salah satu pecatur tuan rumah Sumut bertanding di kategori catur kilat nomor beregu putra pada PON XXI 2024 di Hotel Mikie Holiday Berastagi.

Karo, metrokampung.com 
Pertandingan cabang olahraga (cabor) Catur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut 2024 resmi digelar mulai hari ini di Hotel Mikie Holiday Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa (10/9/2024). 

Koordinator Wasit dan Juri Catur PON XXI 2024, Hendar Sakti Lubis mengatakan, beberapa nomor pertandingan yang digelar hari ini yakni kategori catur kilat di nomor perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri.

"Pada kategori ini, para pecatur akan bertanding dalam 9 babak. Sesuai aturan, setiap pecatur yang menang akan mendapatkan satu poin. Jika seri, pecatur hanya mendapat nilai setengah. Namun jika kalah, pecatur tidak akan mendapat poin," jelas Hendar.

Menurutnya, seluruh perolehan nilai dari tiap babak yang telah dikumpulkan pecatur, akan dikomulatifkan pada akhir pertandingan. Pecatur yang mendapatkan nilai tertinggi, akan keluar sebagai juara pada kategori ini.

Adapun aturan dasar pertandingan ini, kata dia, jika pecatur sudah memegang buah catur, maka diwajibkan untuk melangkah. Apabila pecatur melakukan illegal move atau langkah yang tidak sesuai, pemain lawan akan diberikan poin waktu selama satu menit.

"Di hari pertama ini, pertandingan akan berjalan sebanyak lima babak. Sementara, untuk empat babak tersisa akan dilanjutkan esok hari sebelum penyerahan penghargaan untuk para pemenang," kata dia.

Sumut Kirim 12 Orang Pecatur
Pertandingan catur PON XXI 2024 akan diikuti sebanyak 122 orang pecatur dari berbagai provinsi di Indonesia. Tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) sendiri mengirimkan 12 orang perwakilan, masing-masing 6 orang putra dan 6 orang putri. 

Manajer Tim Cabor Catur Putra-Putri Sumut untuk PON XXI 2024, Immanuel Marudut Simatupang mengatakan, dari 12 orang yang dibawa pada kejuaraan ini, 10 di antaranya akan menjadi pemain utama dan 2 orang lainnya menjadi pemain cadangan.

"Jadi kita mempersiapkan dua orang untuk cadangan. Dua orang ini masing-masing satu orang putra dan satu orang putri," jelas Immanuel.

Sejauh ini, kata dia, timnya sudah melakukan serangkaian persiapan untuk menghadapi seluruh pertandingan catur di PON XXI 2024, mulai dari latihan hingga mempelajari taktik atau strategi bagi seluruh pecatur.

"Pada PON kali ini, kita cukup optimis bakal mampu bersaing dengan pecatur lain untuk memperebutkan medali emas dari berbagai nomor pertandingan yang diikuti dan keluar sebagai juara pada cabor catur ini," tegas Immanuel.(amr)
Share:
Komentar


Berita Terkini