Staf Ahli Bupati Kabupaten Deli Serdang Buka Pencanangan Desa Cinta Statistik Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Pj.Bupati Deli Serdang Ir.Wiriya Al-Rahman yang di wakili Staf ahli Bupati Deli Serdang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ari Mulyawan Simatupang SH,MAP, Kamis (12/9/2024) resmi membuka Pencanangan Desa Cantik (Cinta Statistik) Kabupaten Deli Serdang tahun 2024.

Pada kesempatan ini Desa Denai lama kecamatan Pantai Labu dan Desa Pasar V Kebun Kelapa di Canangkan Desa Cinta Statistik Kabupaten Deli Serdang tahun 2024.


Pencanangan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna PALAPA Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin dihadiri Kepala Badan BPS Deli Serdang Herman SE, M.Si, Kabid Statistik Diskominfostan Deli Serdang  Edi Jamian Nasution SH, Kabid Litbang Bappeda Litbang Deli Serdang Vini Dwi Putranti Sembiring, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia,Perencana Ahli Muda Bappeda Litbang Deli Serdang Dely Chairina SH, Camat Beringin M. Dhani Mulyawan Simatupang, S.Sos., MIP, Sekcam Pantai Labu Azizur Rahman S.STP, M.Si, Kepala Desa Pasar V Kebun kelapa H.Sumantri S.SosI, Kepala Desa Denai lama Parnu SE serta para kepala desa Sekecamatan Beringin dan Pantai Labu.


Pj Bupati Deli Serdang Ir.Wiriya Al-rahman dalam amanatnya yang di sampaikan Ari Mulyawan Simatupang mengatakan seperti yang di sampaikan oleh Bapak Presiden Joko widodo yakni membangun Indonesia-sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan hingga perbatasan sehingga peranan desa sangat lah penting yakni sebagai Subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan (prodekel, SDGS Desa, SIK-NG, dan lain lain) tetapi kualitas dan kapabilitas sumber daya Manusia di pemerintahan desa dalam hal pengelolaan dan literasi data masih relatif rendah dan membutuhkan peningkatan kapabilitas," katanya.

Oleh karena itu, selaras dengan amanat undang-undang statistik nomor 16 tahun 1997 dan peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia Badan Pusat statistik (BPS) bertanggung jawab melakukan program pembinaan penyelenggaraan kegiatan statistik dan berperan sebagai pembina data statistik dalam penyelenggaraan satu data Indonesia , serta memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif yang di wujudkan melalui kegiatan desa si Cantik.

Program Desa Cantik bertujuan agar perangkat desa Mampu mengelola data secara akurat dan menyajikan nya dengan cara yang mudah di pahami oleh semua pihak sehingga desa yang mampu mengelola data dengan baik akan memiliki keunggulan dalam merancang program -program pembangunan yang tepat sasaran dan berkelanjutan. 

"Program Desa Cantik ini sangat penting karena data adalah pondasi dari semua kebijakan yang kita ambil. Dengan adanya pengelolaan data yang baik di tingkat desa kita dapat memastikan bahwa program pembangunan yang kita laksanakan benar benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tukasnya.

Perlu di ketahui bersama bahwa , kegiatan Desa Cantik kabupaten Deli Serdang tahun 2024 dilakukan pada dua Desa, yaitu Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin dan Desa Denai Lama kecamatan Pantai Labu.

Dengan Pencanangan Desa Pasar V Kebun Kelapa dan Desa Denai Lama sebagai Desa Cantik, diharapkan desa ini mampu menjadi model dalam pengelolaan data statistik yang baik di kabupaten Deli Serdang sekaligus menginsipirasi desa -desa lain untuk berpartisipasi dalam program serupa demi pembangunan yang baik berbasis data, tutup Ari Mulyawan mewakili Pj Bupati Deli Serdang.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik(BPS) Deli Serdang Herman SE, M.Si dalam sambutan nya mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Deli Serdang yang diwakili Staf ahli , OPD Deli Serdang , Camat Beringin, Camat Pantai Labu, kepala Desa Denai Lama, Kepala Desa Pasar V Kebun Kelapa dan undangan lainnya.

"Pada hari ini kita melaksanakan pencanangan Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik Kabupaten Deli Serdang tahun 2024. Program Desa Cantik bertujuan agar perangkat desa mampu mengelola data secara akurat dan menyajikan nya dengan cara yang mudah dipahami oleh semua pihak sehingga desa yang mampu mengelola data dengan baik akan memiliki keunggulan dalam merancang program -program pembangunan," katanya.

"Harapan kita bersama pencanangan Desa Cantik ini dapat bermanfaat dan dapat membawa Desa lebih baik dan maju kedepannya bersama masyarakat," papar Herman.

Kepala Desa Pasar V Kebun Kelapa H.Sumantri S.SosI mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Deli Serdang serta BPS (Badan Pusat Statistik) Deli Serdang yang telah mencanangkan Desa Pasar V Kebun Kelapa dan Desa Denai Lama sebagai Desa Cantik Kabupaten Deli Serdang.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadikan desa kuat dalam pengelolaan data," papar Kades.

Pada Pencanangan ini nara sumber Vera Herawati S.ST menyampaikan tentang pengelolaan data desa.(Lubis/MK).
Share:
Komentar


Berita Terkini