Upacara Kirab Api PON XXI, Pj Bupati: Deli Serdang Bagian dari Semangat Nasionalisme Olahraga

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM memimpin Upacara Penerimaan Api Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Minggu (8/9/2024).

"PON adalah ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali, sejak pertama kali diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Surakarta, pada 9 September 1948 silam. PON telah menjadi simbol persatuan bangsa Indonesia melalui olahraga. Tahun 1953, PON diselenggarakan di Sumatera Utara, tepatnya di Stadion teladan, Medan," kata Pj Bupati mengawali pidatonya.

Acara besar bersejarah tersebut dihadiri presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno dan Wakil Presiden, Dr Mohammad Hatta. Kehadiran kedua pendiri bangsa tersebut tidak hanya memperkuat semangat olahraga, tetapi juga menegaskan pentingnya olahraga sebagai sarana membangun bangsa.

"Kita menyambut Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 yang merupakan penyelenggaraan ke-21 dan dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 20 September 2024. PON ke-21 ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, ajang ini diselenggarakan di dua provinsi sekaligus, yaitu Aceh dan Sumatera Utara dengan motto, Bersatu Kita Juara," sambung Pj Bupati.

Momen tersebut, lanjut Pj Bupati, menjadi lebih istimewa karena Kirab Api PON melintasi wilayah Deli Serdang.

Api PON tersebut bukan hanya sebuah simbol fisik, tetapi juga simbol semangat persatuan dan kekuatan dalam olahraga dengan pesan keteguhan hati serta semangat yang akan ditunjukkan para atlet di arena pertandingan.

Bagi masyarakat Kabupaten Deli Serdang, momen Kirab Api dan pelaksanaan PON menjadi sebuah sejarah besar. Menegaskan, Deli Serdang merupakan bagian dari semangat nasionalisme olahraga dan kebersamaan.

Kabupaten Deli Serdang berperan aktif dalam menyukseskan PON XXI, dengan turut serta menjadi tuan rumah untuk 23 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Hal ini membuktikan, Deli Serdang siap berkontribusi pada ajang nasional yang sangat bergengsi tersebut.

Semua pihak berharap, api PON XXI bisa meningkatkan rasa memiliki terhadap ajang olahraga tingkat nasional. Sebab, hanya dengan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, PON ke-21 bisa diselenggarakan dengan sukses.

"Kepada segenap masyarakat Kabupaten Deli Serdang, mari kita bergelora dan semangat, motivasi kepada para atlet Provinsi Sumatera Utara yang nantinya akan bertanding. Harapan Kita semua mereka dapat meraih prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Sumatera Utara, khususnya bagi Kabupaten Deli Serdang," harap Pj Bupati.

Kepada para atlet Deli Serdang, Pj Bupati berpesan, kehadiran api PON bisa menjadi penyemangat dan pemicu kebangkitan olahraga untuk lebih berprestasi. "Ini adalah momen untuk menunjukkan potensi dan kemampuan kita di tingkat nasional," pesan Pj Bupati.

Pj Bupati merinci, Deli Serdang telah mengirimkan sejumlah atlet dan pelatih untuk memperkuat Kontingen PON Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 149 orang, terdiri dari 132 atlet dan 17 pelatih yang akan berlaga di 33 cabang olahraga.

"Raihlah prestasi semaksimal mungkin dan bawa pulang mendali emas sebanyak-banyaknya untuk Provinsi Sumatera Utara, agar sumut menjadi juara. Mari jaga semangat persatuan dan sportivitas serta bersama-sama kita menyukseskan," tutup Pj Bupati.

Hadir pula pada momen tersebut, Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman; Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri SH; Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Raphael Shandi Cahya Priambodo SIK; Kasdim 0204/DS, Mayor Czi TM Panjaitan; Kasubsi Intel Kejari Deli Serdang, Eddy Sanjaya SH; para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan lainnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini