USAID MOMENTUM Gelar FGD Forum Kemitraan Desa Denai Lama

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
USAID MOMENTUM menggelar FGD (Forum Group Discussion) Forum Kemitraan Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu yang dilaksanakan di Sanggar Lingkaran Desa Denai Lama, Jumat (27/9/2024).

Kegiatan FGD ini diikuti, perwakilan Save the Children Jakarta dr. Noviane, Subhan, USAID MOMENTUM Syafrimed Aziz , Sekretaris Camat Pantai Labu Azizur Rahman S.STP, M.Si, Kepala Desa Denai lama Parnu SE, Direktur BUMDES Sastro 316 Denai lama Irwanto SH, Dinas PMD Deli Serdang, Dinas kesehatan Deli Serdang, PKK Kecamatan, Puskesmas , pokjanal, PKK Desa Denai lama, Pustu dan bidan, Kader Posyandu, Tim daya desa, Pengiat desa Wisata Desa Denai lama, instusi Pendidikan PAUD/SD/SMP, MOMENTUM Sumut dan MOMENTUM Nasional. 


Kegiatan FGD ini sebagai bagian dari penerapan UU Kesehatan No. 17 tahun 2023, Kementerian Kesehatan melakukan transformasi sistem kesehatan nasional dimana salah satu pilarnya adalah transformasi pelayanan kesehatan primer melalui Integrasi Layanan Primer (ILP).
 
USAID MOMENTUM Indonesia sebagai mitra pembangunan dengan Kementerian Kesehatan RI memberikan dukungan penerapan ILP melalui 3 (tiga) fokus utama yaitu: 

1. Mendukung penguatan peran dinas kesehatan provinsi dan kabupaten dalam memastikan implementasi ILP sesuai dengan panduan teknis; 

2. Pelaksanaan learning-labs untuk penyempurnaan ILP dan; 

3. Penguatan kemitraan multi sektor dan tata kelola untuk strategi Nasional terhadap penguatan layanan primer. 


Salah satu dukungan dalam pelaksanaan ILP adalah terbangunnya kemitraan di tingkat desa dengan Puskesmas Pembantu dan Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat desa yang membutuhkan dukungan dari stakeholder di tingkat desa sampai kabupaten. Forum Kemitraan Desa diharapkan dapat menjadi salah satu wadah komunikasi dan koordinasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Kepala Desa Denai lama Parnu SE dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara FGD ini yang mana ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami , kami terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, katanya.

Kami meningkatkan kesehatan ekonomi masyarakat melalui desa Wisata , tapi Alhamdulillah berkat kerjasama dengan USAID MOMENTUM kita juga sudah mobile untuk meningkat kesehatan masyarakat di Desa Denai lama. 

Jadi kami dari pemerintahan desa juga mendukung program kegiatan ILP ini salah satunya kita upayakan melalui program dana desa yang mana pada tahun 2023/2024 kita telah mengalokasikan 152 juta dari dana desa dengan beberapa kegiatan seperti dana intensif para kader-kader kemudian untuk peralatan kesehatan serta makanan tambahan dan kegiatan pelatihan bagi kader yang ada di Desa Denai lama, papar Parnu SE.

Camat Pantai labu Muhammad Faisal Nasution S.STP MAP melalui Sekretaris Camat Azizur Rahman S.STP, M.Si mengucapkan selamat datang kepada USAID Momentum yang telah mengadakan acara FGD ini.

Desa Denai lama ini merupakan salah satu desa kebanggaan Kecamatan Pantai labu dengan berhasil meraih beberapa prestasi, bilang Sekcam.

Bagi Para kader manfaatkan FGD ini agar dapat mendapat ilmu dan wawasan untuk perkembangan ILP di Desa Denai Lama, tutup nya.

Sementara itu Perwakilan Save the Children Jakarta dr.Noviane dalam sambutannya mengatakan kedatangan kami kesini bukan memberi arahan akan tetapi ingin mengajak bekerjasama.

Kita melakukan FGD ini untuk mengindentifikasi sampai sejauh mana desa ini bisa menyelenggarakan tim pembinaan posyandu yang baru di terbitkan dari permendagri nomor 13 tahun 2024, ujar dr Noviane. 

Nanti kita bisa berdialog dengan bapak Syafrimed dan Bapak Subhan mengenai kesiapan desa untuk ILP Kemitraan posyandu , siklus hidup, paparnya.

Pada kesempatan FGD ini dari Save The Children Subhan dan Syafrimed dari USAID MOMENTUM menjadi Nara sumber menyampaikan arah kebijakan Transformasi posyandu dan pelaksanaan forum kemitraan komunitas tingkat desa .(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini