Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Dairi, Pimpin Rapat Soal Aplikasi Siwaslih ke 15 Panwascam

Editor: metrokampung.com

Dairi, Metrokampung.com
Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Bawaslu Kabupatn Dairi  telah melaksanakan sosialisasi aplikasi Siwaslih kepada lima belas  Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi.

Kegiatan pelatihan terhadap Panwascam se Kabupaten Dairi ini di laksanakan pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2024 yang lalu di Kantor Bawaslu Dairi Jl.Ahmad Yani Kelurahan Batang Beruh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. 


Aplikasi Siwaslih ini merupakan wujud kesungguhan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam meningkatkan efektivitas pengawasan Pemilu, yakni pemilihan kepala Daerah serentak yang akan digelar pada Bulan November 2024.


Aplikasi ini diharapkan dapat memperkuat pengawasan selama  tahapan Pilkada nantinya, mulai dari pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penetapan hasil pemilihan.


Hal ini disampaikan Rizal Banurea selaku Koordinator Divisi HP2H kepada awak media melalui via selulernya pada Rabu 23 Oktober 2024.


Dalam keteranganya, Rizal Banurea menyampaikan dimana dalam kesempatan kali ini Bawaslu Dairi melakukan perkenalan diawal kepada Panwas Kecamatan yang ada di Dairi yang  sementara di khususkan kepada panwas pada divisi HP2H saja terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan.

“Diawal ini, Kita melakukan perkenalan dan pelatihan aplikasi siwaslih kepada Panwas Kecamatan divisi HP2H terlebih dahulu, agar kiranya nanti divisi ini dapat memahami dan mempelajari lagi tata cara pengisian aplikasi siwaslih dan dapat mengajarkan kepada jajaran panwas kita di tingkat Desa atau kelurahan atau yang sering kita sebut dengan PKD nantinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rizal Banurea menyampaikan bahwa Siwaslih adalah singkatan dari Sistem Pengawasan Pemilihan . Aplikasi tersebut merupakan alat yang digunakan untuk menyediakan informasi terkait pemantauan seluruh proses pemilihan umum, mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu.

"Melalui Siwaslih, informasi mengenai hasil pemungutan suara dan penghitungan suara disampaikan secara cepat dan terkonsolidasi secara nasional melalui sistem daring,"ucapnya.

"Tujuan Siwaslih Aplikasi Siwaslih yang dikembangkan oleh Bawaslu RI ini memiliki beberapa tujuan yakni: Memaksimalkan penyajian data dan informasi serta mempermudah pengambilan keputusan oleh pengawas pemilu untuk meningkatkan kinerja pengawasan pemilu, Memenuhi kebutuhan proses pelaporan dan pelayanan informasi terkini dalam proses pengawasan pemilihan umum," imbuh Rizal.

"Dengan penggunaan aplikasi siwaslih ini peningkatan kinerja pengawasan dengan sistem terkini serta kualitas penyajian data dan informasi yang akurat dapat berjalan dengan baik dan figitalisasi data yang lebih efektif dan efisien untuk dimutakhirkan dan dianalisis lebih lanjut,"jelas Rizal diakhir keterangannya.(Ammar/Vich)
Share:
Komentar


Berita Terkini