Logistik Pilkada Sumut Sudah Didistribusikan ke 33 Kabupaten/Kota

Editor: metrokampung.com

Komisioner KPU Sumut Divisi Perencanaan Keuangan Logistik, Kotaris Banurea. (ft/ist)


Medan, Metrokampung.com
Mayoritas logistik Pilkada Sumatera Utara sudah diterima dan disimpan di gudang logistik KPU Kabupaten/Kota.

"Logistik yang sudah diterima disimpan di gudang logistik KPU Kabupaten/Kota masing-masing. Mayoritas logistik sudah mereka terima dan sampai saat ini belum ada kendala apapun di lapangan. Untuk kertas suara dan lainnya itu masuk dalam pendistribusian logistik tahap kedua," kata Komisioner KPU Sumut Divisi Perencanaan Keuangan Logistik, Kotaris Banurea, menjawab wartawan, dilansir Senin (14/10/2024).

Kotaris Banurea menerangkan bahwa sampai saat ini pendistribusian logistik Pilkada Sumatera Utara 2024 masih terus berlangsung hingga akhir Oktober.

"Ditargetkan mulai 1 November mendatang untuk  penyebaran dapat dilakukan oleh petugas sortir lipat atau sorlip logistik ke semua tempat pemungutan suara (TPS), " tambahnya. 
Selain kotak suara ,logistik yang telah disalurkan pihaknya tersebut antara lain bilah bilik suara, segel, tinta dan kabeltis. 

Berdasarkan laporan per 1 Oktober 2024, kabeltis dan segel sudah 100 persen tiba di 33 Kabupaten/Kota. Sedang untuk tinta 87 persen, bilik 81 persen dan kotak suara 82 persen.
Item logistik lain seperti surat suara, daftar pemilih khusus (DPK), dan alat bantu mencoblos untuk penyandang tunanetra masih dalam proses pengiriman. 

Terkhusus untuk surat suara atau SuSu, Kotaris menjelaskan bahwa saat ini prosesnya masih berjalan. Surat suara atau SuSu yang dicetak akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen untuk cadangan.

"Kertas suara dicetak oleh PT Gramedia di Jakarta. Sehingga nantinya diharapkan tidak ada kesalahan yang fatal. Untuk itulah kita minta Kabupaten/Kota memaksimalkan Silog agar dapat diperoleh data yang cepat, tepat dan real time sesuai kondisi lapangan," ungkapnya.

Kesiapan logistik Pilkada 2024 ini menjadi aspek penting dalam memastikan kelancaran pemilu serentak mendatang. Kepada KPU kabupaten dan kota diingatkan agar benar-benar melakukan pengecekan saat menerima logistik tersebut. Bila ada kekurangan segera melapor ke pihak pengadaan.

Marilah kita bersama-sama memantau dan memonitoring pelaksanaan proses Pilkada ini untuk mencegah kesalahan pada tahapan-tahapan selanjutnya. Karena KPU Sumut bersama pihak terkait berkomitmen untuk memastikan seluruh proses berjalan lancar demi terselenggaranya Pilkada 2024 yang jujur dan adil," tutur Kotaris. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini