Mahasiswi Asal Norwegia Belajar Buat Kue Khas Melayu di Desa Kelambir

Editor: metrokampung.com

Pantai Labu, Metrokampung.com
Sembilan orang  mahasiswi asal Negara Norwegia belajar buat kue (kuliner) Khas Melayu di Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Jumat(18/10/2024).

Para mahasiswi asal Norwegia ini didampingi Livelihood officer YNLM(Yayasan Nurani Luhur Masyarakat) Ricardo dan Perwakilan Donor Mathias, melihat sekaligus belajar membuat kue khas Melayu dan kue lainnya di dua tempat kelompok usaha binaan yakni Kelompok Ibu Kreatif dan Kelompok Putri Deli.

Tampak para mahasiswi bule ini begitu senang  membuat beberapa jenis kue  yang di pandu ketua kelompok usaha desa.

Di kelompok Usaha Ibu Kreatif para mahasiswi ini belajar membuat kue Kekaras, kue Kembang goyang dan kue Peyek kacang rasa udang sedangkan di kelompok Putri Deli mahasiswi bule itu belajar  membuat kue Ketawa dan peyek udang.

Livelihood Officer YNLM Ricardo menjelaskan Pada hari ini mahasiswi asal Norwegia ini ingin melihat dan belajar langsung cara membuat kue khas Melayu dan kue lainnya.

"Kedatangan para mahasiswi ini ingin membuktikan laporan kami tentang kelompok usaha yang ada di Desa Kelambir, makanya mereka datang dari Norwegia ke Indonesia untuk melihat dan belajar langsung," katanya.

"Ada tiga kelompok usaha di desa ini yang merupakan program binaan kita bersama kepala desa dan masyarakat sekitar dengan tujuan meningkat kan SDM para Ibu-ibu di desa ini serta memberikan  ilmu membuat kuliner atau kue dan lainnya  yang muaranya untuk menopang perekonomian keluarga kelompok usaha," terang Ricardo.

Kepala Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu H.Sahrial SE mengucapkan terima kasih kepada YNLM yang telah mendatang kan para Mahasiswi Norwegia untuk melihat dan belajar membuat kue pada kelompok usaha binaan desa dan YNLM, katanya.

"Kami juga berterima kasih kepada YNLM yang cukup perhatian membantu kaum ibu di desa ini dengan mengelar beberapa  pelatihan membuat kue dan juga membantu peralatan masak memasak," terang H.Sahrial.

Kami dari pemerintahan desa Kelambir berharap perhatian dan dukungan dari Dinas Perindustrian perdagangan serta  Dinas koperasi Kabupaten Deli Serdang untuk membina kelompok usaha atau UMKM Desa Kelambir agar  dapat bersaing dengan hasil  produk UMKM dari desa -desa yang ada di Deli Serdang, sebutnya.

Sahrial juga mengatakan dalam waktu dekat akan membuat tempat atau rumah untuk pemasaran produk UMKM dari desa desa di  Kecamatan Pantai Labu tepatnya di Desa Kelambir. 

"Harapan kami segala produk makanan, kue dan lainnya dari desa di kecamatan Pantai Labu nantinya bisa di promosikan lewat rumah produksi yang kami programkan," tutup H.Sahrial SE.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini