Paslon HERO Hibur Warga Pangkatan dengan Kesenian Jawa

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Hiburan Jaran kepang (Jarkep) Turonggo Satrio Budoyo turut menghibur pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Labuhanbatu Hendri Syahputra Daulay dan Hj Ellya Rosa Siregar (HERO) saat melakukan ramah tamah dengan masyarakat Dusun Sidodadi, Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Minggu (20/10/2024).

Ketua panitia acara Darma mengatakan, hiburan Jarkep merupakan salah satu warisan jenis tarian ritual dari budaya etnis Jawa yang saat ini sudah jarang dipertontonkan kepada masyarakat dan adanya hiburan Jarkep yang dipersembahkan pasangan HERO merupakan suatu kebanggaan tersendiri terhadap masyarakat Dusun Sidodadi, Desa Kampung Padang Pangkatan karena seluruh masyarakatnya mayoritas suku Jawa.

Masyarakat Dusun Sidodadi terlihat sangat senang dengan hiburan Jarkep tersebut, hal ini terlihat dengan ramainya masyarakat Dusun Sidodadi yang terlihat antusias untuk melihat langsung pertunjukan Jarkep yang dipersembahkan oleh pasangan HERO, terang Darma.

Pertunjukan Jarkep Turonggo Satrio Budoyo terlihat memulai penampilannya pada Pukul 14.00 WIB hingga Pukul 18.30 WIB dan dilanjutkan kembali pada Pukul 20.00 WIB hingga Pukul 24.00 WIB dengan menampilkan berbagai tarian budaya dan atraksi seperti memasukkan api kedalam mulut, berlompat kedalam lingkaran api, Barong harimau dan tarian perang Jawa yang keseluruhan penampilannya sangat memukau masyarakat.
Sekretaris Pujakesuma Labuhanbatu Budiono didampingi Wakil Ketua Sukamto disela-sela acara hiburan memberikan apresiasi kepada calon bupati Hendri Syahputra Daulay dan wakil bupati Hj Ellya Rosa Siregar karena pasangan mereka sangat peduli dengan budaya Jawa dengan menampilkan hiburan Jarkep ditengah masyarakat Jawa.

Budiono juga mengajak seluruh masyarakat Pujakesuma seluruh Labuhanbatu untuk turut memenangkan pasangan HERO nomor 3 pada Pilkada 2024 agar menjadi pemimpin pada pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu periode 2024-2029 karena mereka satu-satunya pasangan bupati dan wakil bupati yang peduli terhadap kelestarian budaya Jawa.

Pasangan HERO juga telah menjanjikan apabila menang pada Pilkada 2024 ini akan melakukan pelatihan khusus terhadap masyarakat etnis Jawa untuk mengenal dan mempelajari budaya Jawa lebih mendalam sekaligus akan akan rutin untuk memberikan hiburan Jarkep di Kabupaten Labuhanbatu, sebut Budiono.

"Satukan tekad untuk memilih dan memenangkan pasangan HERO nomor 3 pada Pilkada 2024, karena hiburan Jarkep ini adalah persembahan dari calon bupati Hendri Syahputra Daulay dan Freddy Simangunsong," ajak Budiono kepada seluruh masyarakat Dusun Sidodadi, Desa Kampung Padang Pangkatan.
Dr H Freddy Simangunsong MBA yang juga suami dari Hj Ellya Rosa Siregar calon wakil bupati Labuhanbatu mengatakan, sangat peduli dengan budaya khususnya Jawa walaupun dirinya sendiri adalah suku Batak. 

"Saya peduli dengan budaya etnis Jawa, dan itu dapat terlihat dari seluruh pemain ataupun penari Jarkep Turonggo Satrio Budoyo ini adalah asli suku Jawa," ujar Freddy Simangunsong singkat.(Oen)
Share:
Komentar


Berita Terkini