Pemilih Pemula di Deli Serdang 33.273 Orang

Editor: metrokampung.com
Kadisdukcapil Deli Serdang Misran Sihaloho (nomor 2 dari kiri) menyerahkan KTP peserta didik kepada perwakilan sekolah untuk dibagikan kepada anak didiknya yang telah melakukan perekaman.

Lubuk Pakam, metrokampung.com
Untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Deli Serdang bergerak cepat dengan  melaksanakan program inovasi Go To School yakni perekaman KTP ke sekolah- sekolah.

Selain itu Disdukcapil Deli Serdang juga melakukan program jemput bola di desa maupun kelurahan melalui 19 kantor Pelayanan PATEN di kantor  kecamatan dan Disdukcapil Deli Serdang.

Sehingga warga yang telah berusia 16 tahun ke atas mempunyai identitas diri Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

"Hal tersebut sesuai pesan dari Dirjendukcapil Kemendagri dan Bapak Penjabat Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman,"ujar Misran Sihaloho, Kadisdukcapil Deli Serdang, Jumat (18/10/24).

Dijelaskan Kadisdukcapil, dari 33.273 pemilih pemula, yang sudah terekam mencapai 20.805 orang. 

"Hingga tanggal 10 Oktober 2024 hanya tersisa 12.468 orang lagi. Hingga hari ini, Jumat (18/10/24) jumlahnya sudah semakin sedikit,"jelas Misran Sihaloho. 

Menurut Misran, perekaman KTP elektronik bagi usia pemula 16 tahun dan 17 tahun harus selesai sebelum  27 November 2024.

Begitu juga dengan pencetakan yang berusia 17 tahun.  

Sebagaimana Surat Penjabat Bupati melalui Penjabat Sekda Deli Serdang bahwa yang belum pernah melakukan perekaman di sekolahnya, agar kepala sekolah SMA, SMK dan Madrasah Aliyah negeri maupun swasta untuk berkoordinasi dengan Disdukcapil Deli Serdang guna melakukan perekaman.

"Bagi yang berusia di atas 16 hingga 17  tahun baik yang sedang sekolah maupun tidak sekolah namun  belum melakukan perekaman agar segera melakukan perekaman. Bisa bersama-sama di sekolah melalui program Dukcapil Go To School dan program jemput bola di desa dan kelurahan,"tambah Misran.

Pada kesempatan itu Kadis Dukcapil Deli Serdang Misran Sihaloho menyerahkan 509 keping KTP elektronik kepada 9 perwakilan sekolah.

Adalah SMAN 1 Sunggal, SMAN 1 Beringin, SMAN 1 Sibolangit, SMAN 1 Batang Kuis, SMAN 1 Pantai Labu, SMA Nurul Amaliyah, SMK AKP Galang, SMAN 1 Lubuk Pakam dan MAS Darul Ikhlas Pagar Merbau.

Selanjutnya pihak sekolah menyerahkan KTP elektronik tersebut kepada peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan gratis tanpa dipungut biaya di ruang rapat Kadisdukcapil, 
Jumat. (ren/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini