Peran Vital NU Jaga Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Basyariah

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, Metrokampung.com
Nahdlatul Ulama (NU) telah berkontribusi dalam menjaga dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah dan ukhuwah Basyariah di tengah masyarakat.

Ini menjadi peran vital NU selaku organisasi Islam yang memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan kemandirian dan kemajuan umat, dan menjaga nilai-nilai Islam yang moderat, toleran dan rahmatan lil 'alamin.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Dr Drs H Citra Effendi Capah MSP saat membuka Pendidikan Dasar (PD) Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Angkatan II Kabupaten Deli Serdang di Aula Taman Pramuka, Cadika Deli Serdang, Lubuk Pakam, Jumat (4/10/2024).

"Dibuktikan dengan kontribusi nyata NU dalam berbagai aspek kehidupan, baik di bidang pendidikan, sosial maupun ekonomi," kata Pj Sekda.


NU, kata Pj Sekda lagi, selalu hadir di tengah masyarakat dengan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan umat, termasuk menjaga keseimbangan antara kepentingan agama dan bangsa.

"NU senantiasa juga selalu berada digaris depan dalam membela keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjaga nilai-nilai Pancasila serta merawat kebhinekaan yang menjadi kekuatan bangsa kita," sambung Pj Sekda.

Mengenai pelaksanaan PD-PKPNU, lanjut Pj Sekda, merupakan salah satu wujud nyata dari upaya NU untuk terus beradaptasi dan relevan dengan tantangan zaman, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasar keislaman yang moderat. 

Pendidikan tersebut lebih dari sekadar pendidikan formal, karena sarana untuk menginternalisasikan nilai-nilai keulamaan, kepemimpinan serta pengabdian kepada umat.

"Pendidikan kader ini adalah langkah strategis dalam menjaga kesinambungan perjalanan NU di tengah dinamika zaman, terutama dalam membina kader-kader yang siap menjadi penggerak umat, bangsa dan negara," sebut Pj Sekda.

Pj Sekda pun berharap, para kader yang mengikuti pendidikan kader tersebut bisa menjadi motor penggerak dalam menyebarkan nilai-nilai Islam yang ramah, memperkokoh persatuan bangsa dan mengisi pembangunan dengan nilai-nilai luhur yang diajarkan Rasulullah SAW.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus mendukung kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Bersama-sama, kita dapat mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan," tutup Pj Sekda.

Turut hadir di pembukaan PD-PPKPNU tersebut, perwakilan PBNU Amrullah Furqon; Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Sumatera Utara, Dr H Marahalim Harahap SAg MHum; perwakilan Pengurus Cabang (PC) NU Deli Serdang, KH Amir Panatagama; Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, H Mukti Ali Harahap SAg Msi; Kepala Dinas Sosial, Rudi Akmal Tambunan ST, dan lainnya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini