Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar Jelang Pelantikan Presiden

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Polres Simalungun meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan di wilayah hukumnya. Pada Sabtu malam (19/10/2024), Polres Simalungun menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan patroli skala besar untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), khususnya balap liar dan geng motor.
 
Patroli ini dilakukan di berbagai lokasi yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Simalungun, mulai pukul 22.00 WIB hingga selesai.
 
"Kegiatan ini merupakan atensi pimpinan untuk mengantisipasi dan menindak para pelaku balap liar, geng motor, tawuran, dan kejahatan jalanan lainnya," ujar Wakapolres Simalungun, KOMPOL Hendrik Situmorang, M.M., saat memimpin apel pelaksanaan kegiatan di Halaman Parkir Perumahan Meranti Land, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.
 
Wakapolres juga memberikan arahan kepada seluruh personel yang terlibat untuk mendalami dan memetakan kelompok dan tempat berkumpulnya pelaku balap liar dan geng motor, sehingga pelaksanaan patroli lebih tepat sasaran.
 
"Utamakan antisipasi dengan mendatangi tempat-tempat berkumpulnya kelompok geng motor atau balap liar, melakukan pemeriksaan badan dan kendaraan untuk antisipasi senjata tajam, narkoba, dan barang terlarang lainnya, serta melakukan razia di perbatasan Kabupaten Simalungun - Kota Pematangsiantar guna menghempang para pelaku geng motor tawuran di wilayah Kota Pematangsiantar yang bisa berefek di wilayah Kabupaten Simalungun," tegas Wakapolres.
 
Sebanyak 52 personel Polres Simalungun dibagi menjadi dua tim untuk melakukan patroli dengan rute yang berbeda. Tim 1 berpatroli di Jalan Asahan menuju Jalan Lintas Simalungun - Asahan perbatasan Kecamatan Gunung Malela, sedangkan Tim 2 berpatroli di Jalan Medan Kel. Sinaksak - Jalan Medan Simp Batu Silangit - Jalan Medan Simp Dolok Melangir.
 
Selain patroli, personel juga melakukan monitoring, sambang, dan penindakan para pelanggar UU lalu lintas oleh Sat Lantas Polres Simalungun.
 
"Sampai saat ini kegiatan masih berjalan dan situasi masih aman dan terkendali," ujar AKP Verry Purba, Kasi Humas Polres Simalungun, saat dikonfirmasi pada Sabtu malam.
 
Patroli skala besar ini merupakan salah satu upaya Polres Simalungun untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Polres Simalungun akan terus melakukan patroli rutin di berbagai wilayah untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.(ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini