Sehari Setelah Dilanda Hujan Deras, Abetnego Tarigan Sambangi Warga Abdi Kejora Berastagi

Editor: metrokampung.com
Abetnego Tarigan mendengarkan penjelasan warga Lembah Prihatin, Jalan Abdi Kejora, Nelson Bangun terkait situasi dan penyebab banjir yang melanda kawasan permukiman tersebut saat hujan deras.

Karo, metrokampung.com 
Calon bupati Karo nomor urut 1, Abetnego Panca Putra Tarigan menerima keluhan warga Jalan Abdi Kejora, Kelurahan Gundaling I, Berastagi terkait banjir menyerupai aliran sungai yang selalu melanda kawasan itu setiap hujan deras.

Menurut warga setempat, Nelson Bangun dan Tangga Ratus Bukit serta puluhan warga mengungkapkan, peristiwa banjir di kawasan permukiman padat penduduk tersebut sudah menjadi persoalan yang menahun. Pemerintah sama sekali belum mengambil solusi atas persoalan itu.

"Gorong-gorong ini tidak mampu menampung debit air dari Jalan Perwira yang masuk ke Jalan Abdi. Sehingga air meluap dan tumpah ke lorong Lembah Prihatin ini. Kalau hujan deras, sudah kayak sungai," beber Nelson kepada Abetnego Tarigan, Rabu (9/10/2024).

Ia menyebut, kondisi gorong-gorong yang sempit di Jalan Abdi Kejora serta saluran drainase yang sumbat di sepanjang lorong tersebut menjadi penyebab utama banjir. Seratusan rumah harus bersiaga atas kemungkinan buruk yang terjadi akibat luapan air saat hujan deras.

"Luapan air yang besar selalu buat kami khawatir. Kami takut sewaktu-waktu anak kami terseret arus air. Kalau situasi ini tidak diatasi, kami khawatir banjir ini bakal merenggut nyawa nantinya," timpal Tangga Ratus sembari memperlihatkan video amatir banjir di smartphone-nya.

Usai mendengar keterangan warga, Abetnego mengecek secara detail titik-titik yang menjadi penyebab banjir. Ia mengamini pernyataan warga terkait penyebab utama banjir yang diakibatkan saluran gorong-gorong yang sempit serta parit sumbat akibat dipenuhi tumpukan tanah dan sampah yang terseret banjir.

Abetnego menilai, banjir ini merupakan prioritas persoalan yang perlu segera diselesaikan secara cepat, komprehensif, dan terstruktur. Pembenahan infrastruktur yang memadai di permukiman ini perlu disegerakan guna mewujudkan kenyamanan warga.

"Revitalisasi infrastruktur menjadi salah salah satu program yang kita usung untuk Karo kedepan. Jika dipercayakan memimpin Tanah Karo, program ini akan secepatnya kami realisasikan agar persoalan menahun yang dialami warga di sini dapat segera tuntas," pungkas Abetnego.(amr)
Share:
Komentar


Berita Terkini