Sungai Besitang Meluap, Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen

Editor: metrokampung.com
Banjir : Banjir di Desa Sekoci, ketinggian air hampir mencapai 1 meter lebih. 

Langkat, Metrokampung.com
Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Besitang sejak awal bulan Oktober ini telah  menyebabkan banjir di beberapa pemukiman warga. Di Desa Sekoci dan Kelurahan Kampung Lama, Sabtu pagi (12/10/2024), air dari sungai yang melintasi kawasan tersebut meluap hingga menggenangi permukiman warga dengan ketinggian air hampir mencapai 1 meter.  
       
Banjir ini tidak hanya melumpuhkan aktivitas warga, tapi juga menyebabkan kerugian besar bagi para petani, karena puluhan hektar sawah di sana dipastikan gagal panen akibat terendam banjir. Para petani yang bergantung pada hasil panen ini kini berada dalam situasi yang sulit, karena menghadapi kerugian yang besar.
Selain itu, ratusan rumah di Desa Sekoci juga ikut terendam akibat luapan Sungai Besitang, yang membawa air kiriman dari hulu. 



Setidaknya 6 dusun di Desa Sekoci terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 1 meter di beberapa titik.

Sebagai langkah tanggap darurat, bantuan sembako pun telah diberikan kepada warga terdampak banjir. 
       
Bantuan sementara yang diberikan berupa 2 kg beras, 6 butir telur, dan 6 bungkus mie instan untuk setiap keluarga. 

Meski bantuan tersebut sangat membantu, warga masih berharap adanya tambahan bantuan logistik, terutama makanan siap saji dan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan selama banjir.
       
Warga yang terdampak banjir kini berharap bantuan segera datang dari pemerintah daerah dan pihak terkait untuk menangani kondisi ini. 
       
Mereka juga membutuhkan bantuan lebih lanjut berupa obat-obatan dan alat evakuasi, terutama bagi lansia dan anak-anak yang tinggal di daerah terdampak banjir.   Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan cukup besar. 
       
Kepala Desa Sekoci, Gunawan, menyampaikan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada instansi terkait dan berharap adanya penanganan segera untuk membantu warga yang terdampak.
       
"Kami sudah melaporkan situasi ini kepada pemerintah kabupaten, dan kami berharap bantuan segera datang untuk warga," ujar Gunawan.

Plt. Kalak BPBD Kabupaten  Langkat, H. Muhammad Ansyari M kes,ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Lebih lanjut dia pun menegaskan sudah bergerak untuk membawa bala bantuan.
       
"Ya, ini kami bergerak untuk meninjau ke lapangan sambil membawa bantuan awal. Kalau kondisinya parah, maka bantuan yang lebih besar akan segera kami kirimkan," ujarnya. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini